spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

4 Buaya Berukuran 3 Meter Lebih Kembali Dievakuasi, Salahsatunya ‘Ompong’

BONTANG – Pasca Buaya Riska dievakuasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Kalimantan Timur ke Balikpapan Oktober lalu, terdapat total 4 buaya lain yang kembali berhasil dievakuasi BKSDA. Salahsatunya buaya yang disebut ‘ompong’ oleh masyarakat setempat.

Pada Jumat (3/11/23) lalu,  BKSDA bersama masyarakat menangkap buaya ompong berjenis kelamin betina dengan panjang 448 cm dan lebar perut 62 cm.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Lurah Guntung, Denny Febrian. Ia menjelaskan, bahwa buaya-buaya tersebut memang sudah menjadi incaran BKSDA.

“Memang ada 4 buaya yang ditandai ciri-cirinya, dan itu semua memang direncanakan untuk dievakuasi,” jelasnya saat dihubungi Senin (6/11/23)

Dari laporan warga sekitar memang terdapat 4 buaya berukuran lebih dari tiga meter yang sering bolak-balik. Relokasi ini juga bertujuan untuk menyelamatkan satwa, selain itu juga demi keamanan dan keselamatan warga.

“Buaya-buaya besar tersebut direlokasikan di Lembaga Konservasi di Balikpapan sana,” tambahnya.

Adapun buaya-buaya kecil yang sering didapat oleh warga, buaya tersebut akan dibawa langsung ke Dinas Pemadam Kebakaran untuk diletakkan di penangkaran.

Baca Juga:   Peringati Hari Ibu, Hapidah Ingatkan Peran Penting Perempuan

“Sejauh ini semua target buaya yang berukuran tiga meter lebih sudah di evakuasi semua, jadi belum ada target lagi,” ujarnya.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular