spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

46 Kasus Kebakaran Lahan di Bontang Selama April 2024

BONTANG – Angka kebakaran hutan di Bontang selama Bulan April 2024 ini mencapai 46 kasus. Hal itu berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (Disdamkartan) Bontang.

Komandan Kompi Disdamkartan Kota Bontang, Norman menjelaskan, kasus kebakaran lahan tahun ini lebih banyak ketimbang dari tahun sebelumnya. Kejadian kebakaran lahan ini terjadi sejak awal tahun, hingga sampai saat ini. Bahkan, di April ini bisa terbilang kebakaran lahan terjadi hampir setiap hari.

“Bahkan dalam sehari bisa 7 titik lahan yang terbakar, mayoritas di daerah Bontang Utara dan Bontang Selatan,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (29/4/2024).

Lahan yang terbakar juga merupakan semak belukar hingga lahan yang kering. Kejadian kebakaran lahan terjadi, terkadang adanya aktivitas pembersihan lahan, yang membiarkan membakar lahan begitu saja tanpa adanya pengawasan.

“Banyak orang yang membersihkan lahan, saat pembakaran tidak diawasi malah ditinggal begitu saja. Sama halnya seperti membakar sampah. Seharusnya dipantau, agar kebakaran tidak merembet kemana-mana,” paparnya.

Perlu diketahui, ada sekitar 48,6 hektar lebih lahan di Bontang yang telah habis terbakar, mulai dari awal tahun hingga April 2024. Ditambah dengan cuaca yang panasnya sangat ekstrim dan juga angin yang cukup kencang.

Baca Juga:   Minimalisir Resiko, Petugas Lapas IIA Berlatih Menembak

“Saya ingin masyarakat tidak melakukan pembakaran apapun itu, apalagi dalam keadaan cuaca panas terik. Karena itu sangat mudah menimbulkan kebakaran besar,” jelasnya.

Norman menyatakan, jika adanya kebakaran lahan yang terjadi bisa saja kebakaran itu merembet ke pemukiman. Pastinya akan banyak kerugian yang dialami, mulai dari polusi udara bahkan dari segi kerugian material.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular