spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wakil Kaltim di Paskibraka Nasional Punya Cita-Cita Bertemu Presiden

BONTANG – Sejak kecil Fulgentia Marianne bercita-cita ingin bertemu Presiden Republik Indonesia. Gadis yang kerap disapa Dency ini menunjukkan tekadnya untuk menggapai cita-cita tersebut. Alhasil, dia berhasil lolos mewakili Kaltim sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional.

Kepada mediakaltim.com Senin (30/5/2022), dia bercerita saat kecil seringkali bertanya dengan ibunya, apakah dia bisa bertemu dengan presiden, dan ibunya selalu menjawab dan menyemangati bahwa suatu saat dirinya bisa bertemu dengan presiden.

“Berawal dari melihat anak kecil yang bisa salaman sama presiden, lalu saya bertanya ke mama saya ‘mah,gimana caranya Dency bisa salim (mencium tangan) sama presiden?’ Mama saya menjawab bisa kalo kamu ikut paskibraka nanti saat SMA,” jelasnya.

Dia mengaku, saat bergabung dengan paskibraka membuatnya lebih mandiri, disiplin, dan terlatih fisik serta mental untuk menjadi lebih kuat. “Bagi saya ikut paskibraka itu suatu hal yang keren, fisik dan mental dilatih supaya kuat,” ujarnya.

Gadis kelahiran Malang, 3 Januari 2006 ini, telah mengikuti serangkaian proses seleksi sejak Februari 2022. Diawali dengan audisi awal tingkat kota dan provinsi dengan mendatangkan tim dari provinsi ke Bontang. Setelah dilakukan seleksi dan MCU (Medical Check Up) pada April, akhirnya terpilih 5 orang untuk tingkat provinsi, terdiri dari 2 perempuan dan 3 laki-laki.

Baca Juga:   Walikota Sampaikan LKPD 2021, Realisasi Belanja 87,76%

Setelah terpilih menjadi perwakilan paskibraka tingkat provinsi, pada 22 Mei 2022, didampingi tim Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang berangkat ke Samarinda untuk mengikuti seleksi tingkat nasional yang diadakan di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. Sebanyak 42 Paskibraka Provinsi yang siap mengikuti seleksi calon paskibraka tingkat nasional.

“Kami mengikuti seleksi selama 3 hari dari tanggal 23-25 Mei 2022. Ada beberapa tes yang saya ikuti yaitu tes psikotes (tertulis dan lisan), tes Pancasila, Peraturan Baris Berbaris (PBB), tes kesehatan, wawancara, juga minat dan bakat. Di sini saya memainkan lagu Leleng menggunakan alat musik Sampek,” terangnya.

Dency pun tak pernah menyangka akan berada di posisi ini. Ia mengatakan, keberhasilan ini berkat dukungan dari keluarga, teman, dan juga guru di sekolah. “Saya bersyukur, ini atas support dari keluarga terutama mama, dan teman-teman juga guru di SMA Vidatra,” ucapnya.

Dency merasa sangat bahagia. Akhirnya, cita-citanya bertemu dengan Presiden RI akan segera terwujud. Ia berpesan kepada teman-teman sebayanya agar bisa terus bermimpi dan memiliki cita-cita, dan ketika kita bisa meraihnya, itu akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk kita.

Baca Juga:   Orang Utan Melintas di Sebelah Site PT BBG, Diduga Cari Makan

“Satu hal yang bisa saya katakan, kuatkan tekad untuk menggapai sesuatu, dan perlu keseriusan dalam melewati prosesnya. Pengalaman saya mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara nanti, akan menjadi kenangan yang tak bisa dilupakan,” tandasnya. (ahr)

Most Popular