spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Aksi Sehat Juara BSD 2023, Warga Lansia Jalani Pemeriksaan Kesehatan Gratis

BONTANG – Kegiatan Aksi Sehat Juara BSD 2023, diselenggarakan di Kelurahan Gunung Elai, khususnya warga di Perumahan Bukit Sekatup Damai (BSD), pada Minggu (3/9/23) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh warga BSD berusia lebih dari 50 tahun. Kegiatan ini diselenggarakan oleh RT 38, 39, 40 dan 41, untuk melakukan pemeriksaaan kesehatan seperti tensi, gula darah, dan kolestrol.

“Selain pemeriksaan, kita juga melaksanakan senam jantung sehat dan sekalian kita berikan edukasi juga terkait kesehatan,” jelas salah satu perwakilan RT, Wahyudi, selaku Ketua RT 41.

Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, para peserta diminta untuk berpuasa selama 8 jam, dimulai dari jam 10 malam, sehingga pagi harinya pemeriksaan kesehatan bisa dilaksanakan.

“Harapannya acara seperti ini bisa terlaksana di tempat lainnya dan berkesinambungan. Melibatkan beberapa pihak terkait, baik dari kelurahan, kecamatan, Dinas Kesehatan dan perusahaan yang ada di Bontang,” ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa peduli seluruh lapisan masyarakat, tentang pentingnya pola hidup sehat dan pentingnya untuk memeriksakan diri dan keluarga ke fasilitas kesehatan yang ada di wilayahnya. Baik itu puskesmas maupun rumah sakit

Baca Juga:   Hari Pertama Puasa, Pasar Ramadan di Kampung Jawa Masih Sepi Pembeli

Lurah Gunung Elai, Sulistyo juga mengapresiasi kegiatan tersebut, yang merupakan inisiasi dari warga setempat yang turut didukung oleh PT KMU.

“Tentu kami mengapresiasi kegiatan tersebut yang nantinya harus terus berlanjut,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap lansia yang berada di sekitaran BSD. Tidak hanya itu, lansia di luar sana juga harus mendapatkan kesempatan yang sama.

“Dari kegiatan tersebut, rencananya kami akan membuat posyandu lansia di BSD juga dengan memanfaatkan posyandu yang sudah ada,” tambahnya.

Rencananya pada tahun 2024 mendatang, posyandu lansia akan dilaunching dan dilaksanakan setiap sebulan sekali. Sulistyo mengungkapkan, tidak hanya balita yang harus diperhatikan tapi lansia juga. Dalam kegiatan ini lansia yang hadir sangat antusias.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular