spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Harga Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru, Komisi II Bakal Panggil Pemkot

BONTANG – Komisi II DPRD bakal memanggil Pemkot Bontang guna membahas pemantauan harga dan stok bahan pangan jelang Natal dan tahun baru. Hal itu diungkapkan Anggota Komisi II, Suharno beberapa waktu lalu.

“Kekhawatiran ini sebenarnya tidak sebesar saat mendekati Hari Raya Idul Fitri, akan tetapi kita harus tetap antisipasi,” ucapnya saat diwawancarai, Senin (20/11/2023) kemarin.

Lonjakan harga pangan belakangan ini disebabkan oleh musim kemarau yang berkepanjangan, yang kemungkinan menyebabkan petani mengalami gagal panen.

“Secara hukum pasar, saat permintaan tinggi namun stok sedikit, maka kemungkinan besar terjadi kenaikan harga pada bahan pangan,” tambahnya.

Tim Pemkot Bontang umumnya terdiri dari Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda), Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3), Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) termasuk Unit Pelaksana Teknis Pasar (UPT Pasar), serta melibatkan satgas Pangan Kodim 0908/BTG dan Polres Bontang.

“Kami akan jadwalkan rapat kerja dengan pihak terkait. Kami juga akan meminta pemkot memastikan stok bahan pokok terpenuhi di Bontang khususnya, agar tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga,” paparnya.

Baca Juga:   Berikut 3 Nama Komisioner Bawaslu Bontang Terpilih Periode 2023-2028

Suharno juga menambahkan, bukan menjadi hal yang baru saat menjelang momen hari besar seperti Ramadan, Idulfitri, Natal, dan Tahun Baru, tim terpadu tersebut secara rutin melakukan pemantauan harga pangan di tiga pasar induk yang ada di Kota Taman, termasuk Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin), Pasar Citra Mas Loktuan, dan Pasar Telihan.

Penulis: Dwi S

Edito: Yusva Alam

Most Popular