spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Apakah Ganti Menteri Berubah Pula Kurikulum Merdeka Belajar? Ini Jawabannya!

BONTANG – Terdapat satu pertanyaan menarik saat digelarnya Diskusi Pendidikan di Hotel Bintang Sintuk, Sabtu (5/8/2023) sore tadi. Salahsatu peserta bertanya, apakah kurikulum merdeka belajar ini akan kembali berganti saat terjadi pergantian Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek)?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Bontang, Bambang Cipto Mulyono. Dikatakannya, bahwa setiap kebijakan yang baik pasti akan dilanjutkan.

Karenanya saat ini kita harus mampu membangun sistem pendidikan yang ada dengan baik. Guru penggerak yang ada saat ini harus mampu membantu transformasi pendidikan.

“Jadi tidak usah ragu-ragu lagi, terus lah maju,” tegasnya.

Saat ini pun pihaknya tengah membahas perlunya perwali untuk penguatan kurikulum merdeka belajar. Menurutnya, dengan memiliki payung hukum yang kuat, maka kebijakan itu akan mudah dilaksanakan walaupun berganti kepemimpinan.

“Biasanya kalau tanpa payung hukum akan sulit terlaksana dan terganjal di anggota dewan,” ucapnya.

Pernyataan tersebut diperkuat oleh Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Timur, Hetifah Sjaifudian. Hetifah menjawab, bahwa kebijakan apapun akan bisa dilanjutkan oleh pejabat berikutnya, ketika kebijakan yang berlaku saat ini dapat terdokumentasi dengan baik, serta terdapat pula laporan perkembangannya.

Baca Juga:   Sampai Juni, Sudah 57 Kasus Kekerasan Anak-Perempuan Terjadi di Bontang

“Kalau hal itu terwujud, maka pejabat berikutnya akan mudah untuk meneruskan kebijakan-kebijakan sebelumnya,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI tersebut. (al)

Most Popular