spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bank Darah RSUD Bontang, Layani Transfusi 150 Kantong Setiap Bulannya

BONTANG – Di RSUD Taman Husada Bontang tersedia Bank Darah yang didapat dari stok Palang Merah Indonesia (PMI) Bontang. Bank Darah RSUD Bontang dapat melayani kebutuhan transfusi darah 100 hingga 150 kantong darah setiap bulannya.

Penanggung Jawab Bank Darah RSUD Taman Husada Bontang, dr Jayadi Festiawan, Sp.PK menjelaskan, unit Bank Darah RSUD Bontang berdiri untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di RSUD Taman Husada Bontang. Bank Darah hanya menerima limpahan dari PMI Bontang. Hanya menyimpan darah dan tidak menerima donor.

“Kami tidak melayani donor. Semuanya ada di PMI. Kami hanya menyimpan. Jangka waktunya darah selama 1 bulan setelah diambil dari PMI. Kami perkirakan rata-rata pemakaian darah satu bulan,” kata dr Jayadi Festiawan, Sp.PK, Rabu (25/10/2023).

Selanjutnya, Ia mengatakan permintaan golongan darah yang paling banyak dibutuhkan pasien yakni golongan darah O.

Ketersediaan darah di Bank Darah untuk batas waktu penyimpanan darah maksimal disimpan dalam waktu satu bulan untuk penggunaannya.

“Waktu yang aman digunakan untuk darah yang disimpan selama satu bulan setelah pengambilan darah (donor darah),” jelasnya.

Baca Juga:   Sebagian Klinik di RSUD Taman Husada Pindah ke Gedung B

“Kami juga melihat daya tampung kulkas (khusus pendingin darah) kami di sini dan memperkirakan pemakaian waktu pendek yakni seminggu yang bisa dibutuhkan 10-15 kantong darah setiap jenis golongan darah,” imbuhnya.

Diinformasikan, bahwa Bank Darah Rumah Sakit hanya ada dua di Kota Bontang, salah satunya yakni RSUD Taman Husada.

“Kalau yang lain by request (meminta) untuk pemakaian kebutuhan darah ketika meminta langsung pakai. Kalau BDRS itu memang khusus untuk mendukung rumah sakit di mana BDRS berdiri,” ungkapnya. (adv/yah)

Most Popular