spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Basri Ingin Bontang Miliki Peternakan Kambing dan Domba

BONTANG – Jumat (17/5/24) ini Wali Kota Bontang, Basri Rase berencana akan memanggil penyedia hewan ternak dari Malang, guna membantu pengembangan peternakan kambing dan domba di Kota Bontang.

Sesuai amanat dari Presiden RI, Joko Widodo agar ke depannya Kota Bontang dapat menyiapkan ekonomi hijau, dalam rangka mendukung program unggulan setiap kota.

Hal itu ditekankan karena hingga saat ini Jokowi mengungkapkan, kalau tiap daerah yang ia datangi belum memiliki ciri khas, tidak ada yang menonjol. Padahal di Indonesia sendiri potensi ekonomi hijau sangat luar biasa. Ekonomi hijau sendiri adalah ekonomi yang berbasiskan alam.

“Sumber pertanian banyak, lahan pertanian dan peternakan banyak, tapi tidak termanfaatkan secara baik,” ujarnya.

Karena dari alam, penggunaan teknologi serta dana dinilai tidak memerlukan biaya yang sangat banyak.

Dengan adanya dorongan ekonomi hijau ini, tentu akan menunjang Kota Bontang sebagai penyangga IKN, dimana pada Juli mendatang Jokowi akan mulai beraktivitas di IKN.

Hadirnya IKN ini tentu menjadi tantangan dan juga peluang bagi Kota Bontang untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kemandirian masyarakat.

Baca Juga:   Camat Bontang Barat Ikut Penilaian Sekolah Sehat

Nantinya Basri akan memanggil seluruh stakeholder untuk mendengar persentase terkait pembuatan peternakan itu. Para pedagang ternak di Kota Bontang dalam hal ini bisa bekerjasama dengan wilayah di luar negeri.

“Salah satu pemilik peternakan dari Malang nanti persentase, mereka nanti bantu kita hingga pasar kita bisa sampai Australia alias ekspor,” tambahnya.

Diketahui di Bontang sendiri kebutuhan hewan ternak seperti kambing bisa mencapai 300 ekor setiap bulannya, dan selama ini mayoritas diambil dari luar pulau. Apalagi saat Hari Raya Iduladha kebutuhan akan makin meningkat. (sya/adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular