spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bayi 8 Bulan Dari Bontang Selatan Juara Lomba Balita Sehat Tingkat Kota

BONTANG – Lomba balita sehat tingkat Kota Bontang dilaksanakan di Auditorium Wali Kota Lama, Kamis (13/7/23) dengan tema ‘Balita Sehat Wujudkan Bontang Bebas Stunting.’

Dari total 3 kecamatan di Bontang, salah satu bayi berumur 8 bulan dari Bontang Selatan berhasil memenangkan juara pertama. Rizka yang merupakan ibu dari balita tersebut mengatakan, ia memang rutin ke posyandu.

“Jadi saya memang rutin memeriksakan anak saya ke posyandu, dan memang ketika sebelum lomba ini pihak-pihak kader posyandu cukup memperhatikan dan memonitoring anak saya,” jelasnya

Mulai dari fisik, berat badan, hingga motorik anak dinilai dalam lomba ini. Rizka berharap juga untuk ibu-ibu lain dapat rutin memeriksakan bayi ke posyandu, agar kebutuhan tumbuh kembang anak dapat dipantau dan terpenuhi.

Ketua Pokja 4 PKK Kota, Siti Selamet Mulyati menjelaskan beberapa indikator yang dinilai oleh dokter umum dan dokter spesialis anak. Penilaiannya seperti kelengkapan kartu menuju sehat, pendidikan orang tua, juga kesehatan fisiknya.

“Langsung dilakukan penimbangan, pemeriksaan kesehatan, nanti dari situ skornya akan di total,” bebernya.

Baca Juga:   Bontang Food Festival, Lomba Masak Antar Café se-Bontang

PKK sendiri bergerak untuk turut memantau bayi-bayi yang ada di Kota Bontang, karena sesuai dengan anjuran pemerintah bahwa Bontang harus menekan angka Stunting di 2024 mendatang.

“Kami turut membantu pemerintah dalam hal ini. Selain itu juga dengan adanya lomba seperti ini bisa menjadikan contoh kepada para ibu, agar termotivasi membawa bayi mereka ke posyandu agar tumbuh kembang dapat dipantau,” tutupnya. (adv/sya)

Most Popular