spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Baznas Tanggap Bencana, Bantu Warga Rawa Indah Terdampak Banjir

BONTANG – Hujan lebat yang mengguyur Bontang, Sabtu (8/7/23 ) pagi dini hari, membuat beberapa rumah di wilayah Rawa Indah terendam banjir. Kegiatan warga pun terbatas dan tidak bisa keluar dari rumah.

Oleh karena itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bontang merespon kondisi tersebut dengan memberikan bantuan pada warga terdampak.

Baznas memiliki program tanggap bencana. Dimana program ini merupakan kegiatan dadakan, yang dilaksanakan untuk membantu warga yang terkena dampak dari bencana tersebut.

Bersama Kelurahan Tanjung Laut Indah, Baznas menyerahkan makan siang berupa nasi bungkus untuk 472 jiwa yang terdampak banjir.

“Kelurahan memberikan kami data terkait wilayah yang terkena banjir untuk diberikan bantuan, dan memang ratusan jiwa yang terdampak,” jelas Suryadi, Wakil Ketua (Waka) II Baznas Bontang.

Total terdapat 6 RT yang terendam banjir, yaitu RT 5, 13, 20, 21, 22 dan 23. Disebutkan bahwa wilayah tersebut sudah sering terkena banjir rob, dan ditambah dengan hujan lebat.

“Sekira jam 10 tadi airnya sudah tidak terlalu tinggi, dan warga sudah mulai membersihkan air yang masuk ke dalam rumah mereka,” jelasnya.

Baca Juga:   Kedapatan Sembunyikan Sabu di Pinggir Jalan, Pria Asal Berebas Tengah Ditangkap Polisi

Lebih lanjut ia berharap, dengan Baznas turun ke lapangan seperti ini, warga sekitar atau lembaga-lembaga lain dapat tergerak agar dapat membantu warga yang terkena musibah agar lebih sigap.

“Warga juga bisa memberikan zakat ataupun infaq kepada Baznas, karena itu nanti akan kami kelola untuk kegiatan seperti ini. Jadi kalau ada musibah bisa langsung kita tolong. Baznas juga memiliki banyak program-program lain yang tentunya untuk menolong sesama,” tutupnya. (adv/sya)

Most Popular