spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Belum Berubah, Banjir dan Air Bersih Masih Prioritas di Musrenbang RKPD

BONTANG – Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2024 dilaksanakan Selasa (21/3/23) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang.

Musrenbang RKPD masih memprioritaskan penanganan banjir juga air bersih, yang merupakan masalah menahun di Kota Bontang.

Pemkot Bontang telah merencanakan pembangunan polder di Kelurahan Gunung Telihan. Hal itu disebabkan banjir di Bontang seringkali bukan hanya karena air pasang, tetapi juga karena adanya kiriman air.

Pembangunan waduk di Kelurahan Kanaan juga merupakan salah satu upaya mengurangi banjir kiriman. Sehingga, nantinya waduk dan polder dapat mengurangi kiriman air ke Kota Bontang.

Selain itu, pembangunan bendali di Desa Suka Rahmat turut mengendalikan banjir hingga 40 persen.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa debit air di Kota Bontang masih kurang sebanyak 180 liter per detik. Oleh sebab itu diharapkan, provinsi segera menyelesaikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional di Marangkayu.

“Saya harap dengan itu, bisa menjadi solusi kelangkaan sumber air di Bontang,” harap Wali Kota Bontang, Basri Rase.

Baca Juga:   PKK Bontang Baru Juara 1 Lomba Penyuluhan Tingkat Kota

Basri juga mengatakan, komitmen keseriusannya untuk pemkot yang didukung bantuan dari provinsi, sehingga rencana ini dapat dilaksanakan semaksimal mungkin.

“Pemkot Bontang berkomitmen untuk lebih serius mengatasi masalah banjir dan persediaan air di Kota Bontang,” tutupnya. (adv/sya)

Most Popular