spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Beri Obat Profilaksis, Dinkes Cegah Difteri di SDN 005 BU

BONTANG – Seorang murid di SDN 005 Bontang Utara (BU) terdeteksi terjangkit difteri, Rabu (12/4/2023). Tak hanya pihak sekolah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang pun bertindak cepat mengantisipasi penyebaran difteri tersebut.

Ahli Muda Epidemiologi Dinkes Bontang, Adi Permana mengatakan, telah melakukan pencegahan di SDN 005 Bontang Utara, dengan pemberian vaksin difteri bagi orang sekitar yang kontak langsung dengan siswa tersebut. Baik di wilayah sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

“Dilakukan screening serta diberikan vaksin difteri, dan pemberian obat profilaksis. Dengan obat, bakterinya hilang setop penularan pada saat itu,” kata Adi kepada Mediakaltim.com (grup Radarbontang.com).

Bagi siswa yang masih belum lengkap vaksin difteri, kata Adi, juga diberikan agar pencegahan penularan difteri bisa lebih maksimal.

“Pelaksanaan vaksin difteri dilaksanakan setiap tahun pada Bulan Agustus dan November. Siswa yang belum dapat bisa ikut,” sebut Adi.

Sementara itu Kadiskes Bontang, drg Toetoek Pribadi Ekowati menambahkan, Dinkes juga melakukan pelacakan penyebaran kontak, dengan yang terjangkit untuk kewaspadaan dini.

Baca Juga:   Sertijab Lurah Gunung Elai, Sulistyo Ajak Pegawai dan Mitra Kelurahan Bersinergi

“Kita lacak penyebaran kontak dengan yang terjangkit untuk kewaspadaan dini kita, sekaligus memberikan vaksinasi bagi anak murid yang belum lengkap vaksinnya karena pandemi kemarin,” tambah Kadinkes. (yah)

Most Popular