spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bhabinkamtibmas Kelurahan Belimbing Sirami Jalan Tengah Malam, Begini Tujuannya!

BONTANG -Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Belimbing, melakukan kegiatan penyiraman di sejumlah jalan. Hal ini dilakukan agar menghindari aksi balap liar yang dilakukan oleh sekelompok remaja.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Belimbing, Briptu Ilham mengatakan, ini kegiatan perdana yang dilakukan oleh Kelurahan Belimbing di bulan ramadan. Penyiraman jalan dilakukan di sepanjang Jalan Cipto Mangunkusumo dan Arief Rahman Hakim, di bawah pimpinan Kasi Trantib dan Lurah Belimbing.

“Karena semakin marak aksi balap liar, maka kami melakukan penyiraman jalan. Sekaligus kami juga melakukan patroli kepada sejumlah pengendara yang melintas,” ucapnya saat diwawancarai, Sabtu (16/3/2024) kemarin.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Belimbing melakukan penyiraman jalan saat keadaan jalan sudah sangat sepi, untuk menghindari jalan yang membuat licin.

“Kami lakukan penyiraman setelah orang pulang tarawih, ketika semua orang sudah waktunya pulang beristirahat. Jika sudah memasuki jam rawan seperti pukul 23.00 hingga 01.00 Wita langsung kami lakukan penyiraman,” paparnya.

Jikapun menemukan adanya aksi balap liar, Bhabinkamtibmas tidak segan-segan akan melakukan tindakan langsung seperti pemanggilan orang tua, guru, dan ada juga pemberian surat pernyataan.

Baca Juga:   Inovasi Daur Ulang Sampah, DLH Ubah Plastik Jadi Paving Blok

“Jika kami menemukan, pastinya akan kami beri tindakan fisik langsung seperti push up dan sebagainya. Apalagi dengan surat kendaraan yang tidak lengkap, kami langsung serahkan ke bagian lalu lintas. Karena aksi balap liar ini dilakukan remaja yang masih di bawah umur,” ungkapnya.

Kegiatan penyiraman jalan dan patroli ini juga dibantu oleh Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari TNI. Untuk stok air yang digunakan pun, Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan Damkar PKT.

“Ini termasuk patroli gabungan, kami langsung turun ke jalan kurang lebih berjumlah 25 petugas,” tambahnya.

Pihaknya pun menghimbau kepada anak-anak untuk tidak melakukan aksi atau hal-hal yang sangat tidak bermanfaat. Seharusnya di bulan puasa ini, bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

“Kami berpesan, hindari kumpulan yang tidak ada tujuan. Lebih baik di rumah, dan manfaatkan waktu yang ada,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular