spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPBD Butuh Peremajaan Alat Penyelamatan, Begini Jawaban Pemkot

BONTANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang memberikan pemaparan terkait alat penyelamatan apa saja yang dimiliki Kota Bontang untuk siaga bencana, setelah apel kesiapsiagaan nasional, Senin (10/6/24) di Halaman DPMPTSP.

Diketahui bahwa BPBD masih memerlukan penambahan alat maupun pembaruan, seperti pembaharuan mobil tangki air, selang, serta pompa air. Karena kebakaran lahan yang rata-rata susah digapai, sehingga penambahan seperti itu kondisi darurat.

Selama ini alat-alat yang dimiliki BPBD adalah bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), namun karena penggunaan yang intens peningkatan alat harus dilakukan.

Wali Kota Bontang, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Aji Erlynawati mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan inventarisasi terkait kebutuhan darurat yang diperlukan oleh BPBD.

“Nanti dilihat apa yang menjadi kebutuhannya dan kurangnya dimana,” jelas Aji.

Setelah melakukan inventarisasi dan mendapatkan hasilnya, kebutuhan-kebutuhan tersebut segera dipenuhi, tergantung kebutuhan, apakah harus menggunakan APBD atau meminta bantuan provinsi hingga ke pusat.

Ia juga telah membicarakan hal tersebut dengan BPBD, agar kemungkinan tahun ini dapat memenuhi alat keselamatan yang masih kurang.

Baca Juga:   Kecamatan Bontang Utara Bantu Warga Lewat Ketan Ori

Kepala BPBD, Usman menambahkan, bahwa BPBD sudah memiliki alat yang lengkap hanya saja masih perlu penyempurnaan.

“Semoga dalam waktu cepat yang urgent dapat segera ada,” jelasnya (sya/adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular