spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cara Isran Noor Tekan Angka Kemiskinan di Kaltim

BONTANG – Untuk menekan angka kemiskinan di Kaltim, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor menargetkan dibangun 3 ribu Rumah Layak Huni (RLH) atau sekitar 3 persen. Hal itu diungkapkannya saat peresmian dan penyerahan RLH CSR PT Pupuk Kaltim di Kelurahan Guntung beberapa waktu lalu.

Dalam pidatonya, Isran menjelaskan bahwa Kaltim ini kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Kaya akan migas, hutan, perikanan, perkebunan, dan lain sebagainya, namun sayangnya Kaltim masih memiliki orang miskin yang mencapai 0,63 persen.

“Seharusnya dengan kekayaan yang dimiliki tidak ada orang miskin. Hal ini bertolak belakang,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan kekayaan SDA tersebut, Kaltim pun punya jasa besar untuk negeri ini. Kaltim termasuk salahsatu penyumbang devisa terbesar di negeri ini.

Lantaran kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Kaltim pun mengeluarkan pergub guna menekan angka kemiskinan di Kaltim. Terbitnya Pergub Nomor 27 Tahun 2021 ini mengatur pelaksanaan program prioritas tanggung jawab sosial dan lingkungan serta program kemitraan dan bina lingkungan di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga:   Segera Dibangun, McDonald’s Sudah Sewa Lahan 20 Tahun

Dalam pergub tersebut, penggunaan dana-dana CSR seluruh perusahaan di Kaltim untuk penyalurannya memfokuskan pada pembangunan RLH.

“Rakyat tidak butuh keuntungan dari perusahaan. Rakyat hanya butuh penyaluran dana CSR perusahaan untuk mengurangi angka kemiskinan,” serunya.

Dengan terbitnya pergub tersebut, ia berharap target RLH dapat tercapai. Bahkan saat dirinya sudah tidak menjabat, dapat diteruskan oleh gubernur-gubernur berikutnya.

Menurutnya, jikalau orang-orang miskin telah memiliki rumah yang layak, mereka akan dapat memperhatikan hal-hal lain seperti kesehatan atau kesejahteraan dirinya.  (al)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular