spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cath Lab Sudah Tersedia di RSUD Bontang, Mudahkan Dokter Diagnostik Penyakit Jantung

BONTANG – Saat ini di RSUD Taman Husada sudah tersedia catch lab. RSUD Bontang menyediakan catch lab sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada para pasiennya.

Cath Lab adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah.

Cath Lab atau kateterisasi jantung dan angiografi ini adalah prosedur yang memanfaatkan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Tri Ratna Paramita, Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik di RSUD Taman Husada menjelaskan, pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk memeriksa sumbatan, penyempitan, atau pelebaran pembuluh darah dan jantung.

“Bisa dikatakan baru RSUD Bontang yang memiliki alat medis Cath Lab ini,” ungkapnya.

Alat yang digunakan dalam Cath Lab bisa menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detail. Sehingga dapat membantu dokter secara akurat, dalam tindakan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

“Untuk alat medis kami akan berusaha untuk memenuhinya, akan  tetapi, jika dilihat lagi dengan secara rinci masih saja ada beberapa yang kurang,” paparnya.

Baca Juga:   Tingkatkan Sistem Pelayanan Faskes, RSUD Bontang Gelar FKP

RSUD Bontang akan terus melengkapi sarana dan prasarana yang masih kurang. Maka dari itu, menentukan skala prioritas harus diputuskan bersama dan didahulukan mana alat medis yang benar-benar sangat penting dan lebih urgent. (dwi/adv).

Most Popular