spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cegah Stunting, PKK Gunung Elai Bikin Inovasi Brownis Lele

BONTANG – Ketua PKK Kota Bontang, Hapidah Basri Rase mengapresiasi inovasi PKK Kelurahan Gunung Elai, yang membuat brownis berbahan dasar tepung ikan lele.

Hal itu disampaikan saat menghadiri launching program gerakan makan ikan untuk cegah stunting. Diadakan oleh Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Gunung Elai di Balai Pertemuan Umum (BPU) RT 9, belum lama ini. “Saya tidak bisa makan ikan lele, tapi brownis ini enak,” ungkap Hapidah.

Dirinya berharap warga Bontang bisa sangat kreatif dalam membuat makanan maupun cemilan berbahan dasar ikan, seperti sate ikan. Dengan brownis tersebut harapannya anak-anak tak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

“Banyak anak masih pilih-pilih makanan, kalau dia tidak mau ikan, diolah dalam bentuk lain kayak brownis ini,” jelas Hapidah.

Sementara itu, Ketua PKK Kelurahan Gunung Elai, Nirmaya Deasari, mengatakan, ide awal hanya mengolah ikan menjadi nuget, tapi karena terlalu biasa akhirnya ia menggunakan ikan lele sebagai tepung dan diolah menjadi kue brownis.

Hal ini juga sekaligus memanfaatkan salah satu program stimulan RT yang membudidayakan ikan lele, “Jadi kita manfaatkan sumber daya yang ada di Kelurahan Gunung Elai,” katanya.

Baca Juga:   MTQ ke-16 Kota Bontang Diikuti 500 Peserta

Kegiatan ini mengundang 150 peserta dari Taman Kanak-kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan kelompok bermain yang berada di wilayah Kelurahan Gunung Elai.

Bermacam kegiatan turut dilaksanakan, seperti senam bersama, lomba mewarnai, cerita boneka, serta memberikan penyuluhan mengenai stunting.

PKK Kelurahan Gunung Elai turut memberikan inovasi terkait pentingnya protein pada ikan. Mereka membuat kue brownis yang menggunakan tepung berbahan dasar ikan lele.  (adv/sya)

Most Popular