spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Danrem 091/ASN: Babinsa Harus Dekat Rakyat!

BONTANG – Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kodim 0908 Bontang, Rabu (9/8/23).

Ia menegaskan kepada para Bintara Pembina Desa (Babinsa), agar selalu komando kewilayahan dan tidak boleh lepas dari rakyat. Kedekatan TNI dan rakyat harus dijaga. Karena TNI berasal dari rakyat dan nantinya akan kembali ke rakyat.

Penguasaan wilayah di kodim harus ditingkatkan lagi dan dimanfaatkan lagi, agar makin berguna bagi masyarakat dan wilayah sekitarnya.

Brigjend TNI Yudhi mengatakan, bahwa ia ingin seluruh anggotanya menjadi lebih profesional,  menjadi anggota yang handal dalam tugas di kewilayahan.

Babinsa harus paham betul, dan menjadi pioner pengumpul keterangan berbagai hal yang ada di lingkungan dan harus mendalami wilayahnya. Tidak boleh babinsa tidak peduli dengan wilayahnya.

“Saya mengibaratkan babinsa adalah hantu wilayah,  harus tahu baik buruk dan hitam putih wilayah,” bebernya.

Babinsa bisa dikatakan berperang setiap hari, karena setiap hari harus melaksanakan patroli untuk menjaga dan mengamankan wilayah, jadi tidak harus menunggu situasi perang sesungguhnya.

Baca Juga:   Serius Maju Bacalon Wawali Bontang, Bajuri Daftar di Tiga Parpol

“Babinsa harus memiliki kemampuan yang mumpuni di wilayahnya,” tegasnya

Tidak hanya mengamankan wilayah dan berpatroli, tapi juga harus melihat bagaimana kondisi warga, apakah ada yang kekurangan, kelaparan, atau ada yang sakit dan tidak bisa diatasi. Yudhi menyatakan tindakan tersebut juga bagian tugas dari Babinsa

“Bukan hanya itu, masalah teroris, narkoba juga. Babisa harus melek matanya,” tambahnya.

Selain itu, tentu saja harus paham dengan hukum yang berlaku, mana yang salah dan mana yang tidak.

“Saya kira dengan Babinsa mendekatkan diri kepada masyarakat, tahu seluk beluk, seperti letak-letak warung, tempat remang-remang, jadi tidak dimanfaatkan untuk hal-hal negatif,” harapnya

Jiwa komunikasi, koordinasi, bisa memecahkan masalah di wilayah, tidak muluk-muluk dan dapat diandalkan oleh masyarakat, sehingga jika ada kegiatan di wilayah tersebut, Babinsa akan dicari dan diharapkan kehadirannya oleh masyarakat untuk ikut meramaikan. (sya)

Most Popular