spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dapat Nilai 2,70, SPBE Bontang Masuk Kategori Baik

BONTANG – Sosialisasi dan pendampingan hasil pemantauan dan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2022 di lingkungan Pemkot Bontang, berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu (29/3/23).

SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, untuk memberikan layanan kepada pengguna, yaitu masyarakat dan organisasi lain yang membutuhkan.

SPBE dibangun dalam rangka transformasi digital sektor pemerintahan, yang harus dilakukan sesuai dengan tuntutan jaman digital.

Dengan SPBE diharapkan dapat terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta meningkatkan efesien dan keterpaduan penyelenggara fungsi-fungsi layanan pemerintahan.

Sosialisasi dan pendampingan SPBE di lingkunganPemkot Bontang ini sangatlah penting untuk disampaikan, mengingat indikator keberhasilan capaian sasaran program reformasi birokrasi Pemkot Bontang khususnya area ketatalaksanaan dan sasaran reformasi birokrasi yang kapabel

“Dengan ini dapat menilai sejauh mana penerapan dan capaian SPBE di Kota Bontang,” jelas Najirah, Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang.

Nilai indeks SPBE Pemkot Bontang sendiri adalah 2.70 yang berarti kategori baik. Hasil ini menunjukkan adanya kenaikan nilai indeks SPBE pemkot di banding tahun 2021 sebelumnya, yaitu 2.11 dalam kategori cukup.

Baca Juga:   Ketua Umum Yabis Tutup Usia, Kadir Tappa: Beliau Adalah Orangtua Bagi Saya

Adanya hasil indeks SPBE ini diharapkan dapat memberikan informasi dan gambaran, tentang sejauh mana kualitas dan kemampuan penerapan SPBE pemkot berkontribusi pada kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi, berupa perwujudan tata kelola pemerintah berbasis elektronik.

“Untuk itu, kepada seluruh aparatur negara, dalam meningkatkan peran dan fungsinya selaku ASN, pada kehidupan kerja dan kehidupan sosial yang berinteraksi dengan masyarakat melalui tranformasi digital, ” tutupnya. (sya)

Most Popular