spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dialog Muharram 1445 H, Memaknai Hijrah yang Sebenarnya

BONTANG – Momentum Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H banyak diperingati oleh umat Islam, tak terkecuali di Bontang. Sekira 120 muslimah dari berbagai Majelis Taklim (MT) di seluruh Bontang, mengikuti event Dialog Muharram 1445 H, Ahad (30/7/2023). Kegiatan dakwah bertema ‘Saatnya Hijrah Kaffah’ itu berlangsung di Mangrove Teluk Bangko, Loktuan,

Kegiatan ini dimulai dengan menggelar nonton bareng (nobar) pemaparan makna hijrah sebenarnya dari Ustad Rokhmat S Labib, serta presentasi Ustad Ismail Yusanto terkait konsep perubahan.

Pasca nobar, Ustazah Retno Furi dan Ustazah Fitri selaku narasumber kembali menjelaskan secara ringkas, apa yang sudah dipaparkan oleh kedua ustad di awal. Hal itu agar lebih memudahkan pemahaman kepada para peserta yang hadir.

Dipaparkan Ustazah Furi, bahwa terdapat kekeliruan pemahaman makna hijrah saat ini. Arti hijrah menurut istilah khusus berarti meninggalkan segala sesuatu yang diluar hukum-hukum Allah menuju ke ketaatan terhadap segala perintah dan larangan Allah.

“Kita (umat Islam) sedang dijauhkan dari Islam. Maka, kita harus memaknai hijrah dengan benar, yaitu hijrah secara kaffah,” ujarnya.

Baca Juga:   Raperda Disetujui, Bontang Bakal Tambah 8 Kelurahan

Selanjutnya, Ustazah Fitri menyampaikan, bahwa esensi dari hijrah Nabi SAW yang perlu diteladani adalah hijrah meninggalkan sistem sekuler saat ini, dimana aturan Islam dipisahkan dari kehidupan manusia. Kembali menuju sistem Islam. Maka semestinya perjuangan umat bukan sekadar diarahkan untuk menjadikan sosok Muslim yang shalih sendiri saja.

“Kembalilah pada satu akidah. Bukan satu akidah ruhiyah, tapi akidah siyasah (politik). Akidah yang akan melahirkan hukum-hukum syariat,” terangnya.

“Maka, mari kita berhijrah secara total kembali ke aturan Islam,” pungkasnya menutup pemaparannya.

“Semoga dengan terselenggaranya dialog muharam ini, umat Islam semakin memahami sudah saatnya kaum muslim hijrah secara total,” ungkap Ustazah Diana selaku host acara menutup event ini. (*)

Most Popular