spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diduga Akibat Aktivitas Pembakaran Sampah, Lahan 1,5 Hektar Ludes Dilalap Api

BONTANG – Lahan seluas 1,5 hektar hangus dilalap api, di Jalan Batu Ampar, RT. 09, Kelurahan Bontang Kuala, lebih tepatnya belakang Apotik Sambera, Jumat (12/4/2024) kemarin, sekitar pukul 14.15 Wita.

Yuliansari, salah satu warga setempat mengatakan, asal mula api berawal dari pinggir jalan, lalu api semakin lama semakin menyebar luas dan juga membesar. Hingga warga pun langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang, untuk melakukan pemadaman karena takut api akan meluas ke pemukiman yang tak jauh dari lahan tersebut

“Kemungkinan ada orang yang membakar sampah, sebab di tempat awal munculnya api berada pada tempat pembuangan sampah. Lalu kami berusaha hubungi pihak Damkar,” ucapnya.

Setelah mendapatkan laporan, petugas langsung bergegas menuju tempat kejadian dan masuk ke dalam semak-semak sembari membawa selang untuk menyemprotkan air ke arah api yang mulai membesar.

“Saat pemadaman api pun, petugas membutuh waktu kurang lebih satu jam,” paparnya.

Komandan Regu Disdamkartan Bontang, Muhammad Ramli mengatakan, pemadaman api membutuhkan banyak petugas, agar api segera padam dan tidak semakin meluas. Sehingga ada sebanyak 16 petugas yang turun serta petugas yang sedang piket.

Baca Juga:   Kapal Nelayan Kerap Rusak Tabrak Pondasi Pipa Air Bersih di Laut, Edi: Kami Sudah Pasang Rambu

“Ada sebanyak empat truk pemadam kebakaran dan dua unit pick up yang mengangkut petugas juga ikut dikerahkan, untuk menangani kebakaran tersebut. Lahan yang terbakar pun satu setengah hektar,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa mendapatkan info melalui radio sekitar jam dua siang lalu, sehingga petugas pun segera meluncur ke lokasi. Menurut informasi yang kami terima api mulai melebar hampir mendekati pemukiman padat penduduk.

“Petugas juga sedikit mengalami kendala dikarenakan kondisi lapangan adalah sebagian rawa, yang menyebabkan petugas lumayan susah menuju titik yang sudah berada di tengah lahan tersebut,” jelasnya.

Untuk kebakaran tersebut, dirinya belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Akan tetapi menurut informasi dari yang didapatkan, api berasal dari tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan tersebut.

“Kami belum tahu pasti apa penyebab terjadi kebakaran, karena beberapa warga saat kami tanya api berasal dari tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan. Yang jelas kami sudah menangani dan syukurnya tidak sampai ke pemukiman warga,” tutupnya.

Baca Juga:   PPTI Ranting Dilantik, Siap Bantu Tangani TBC

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular