spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disdamkartan Evakuasi Buaya 2 Meter di Kolong Rumah Warga Selambai

BONTANG – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang berhasil mengevakuasi seekor buaya berukuran 2 meter di Jalan R.E. Martadinata, Selambai, Loktuan, pada Selasa (16/4/2024), sekitar pukul 18.00 Wita.

Kepala Disdamkartan Kota Bontang, Amiluddin menjelaskan, pihaknya menerima informasi dari warga ada buaya yang berada di bawah kolong rumah.

“Ada informasi masuk, saya langsung mengarahkan para petugas segera menuju ke lokasi, untuk menangkap buaya tersebut. Agar warga tidak merasa panik,” ucapnya saat dikonfirmasi.

Saat melakukan penangkapan buaya, ada sekitar 5 petugas Disdamkartan langsung turun ke bawah untuk segera mengevakuasi. Bahkan petugas membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam setengah untuk penangkapan buaya tersebut.

“Ada sedikit kendala saat mengevakuasi buaya, pertama kendalanya adalah lumpur yang susah membuat pergerakan. Kedua, lokasi tersebut juga masih ada air, dimana buaya masih bisa leluasa untuk melakukan perlawanan,” paparnya.

Melihat hal tersebut, Amiluddin merasa sedikit aman saat petugas melakukan evakuasi. Karena petugas yang turun langsung sudah terbilang memiliki skill yang mampu dalam penanganan buaya.

Baca Juga:   Optimalkan Potensi Produk Lokal, PKT Gelar Workshop Digital Marketing bagi Pelaku UMK Bontang

Amiluddin berpesan kepada seluruh warga, agar tetap waspada dan berhati-hati. Ini bukan pertama kalinya Disdamkartan Bontang melakukan penangkapan buaya di perairan laut. Jika sudah ada yang tertangkap, pastinya masih ada banyak lagi buaya yang sedang berkeliaran.

“Saya ingin semuanya tetap berhati-hati. Jangan sampai turun ke laut untuk mandi atau sebagainya, tanpa melihat situasi di sekeliling. Kita tidak akan tau, predator apa saja yang ada di sana. Jadi tetap waspada,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular