spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPK Laksanakan Bimtek Sistem Pengawasan Kearsipan Internal

BONTANG – Pemerintah Kota Bontang dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) melaksanakan Bimtek Sistem Pengawasan Kearsipan Internal (Simas Pinter) di Hotel Grand Mutiara, Selasa (14/5/24).

Wali Kota Bontang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Bahauddin mengatakan, di tengah perkembangan arus teknologi informasi saat ini, semua akses informasi bisa terhubung dengan cepat melalui jaringan internet.

Hal ini tentunya menuntut kita sebagai pemerintah termasuk pemerintah kota, untuk terus menciptakan inovasi dalam bentuk aplikasi dalam upaya memudahkan pelaksanaan tugas pemerintahan, sehingga dapat dilaksanakan secara cepat, akurat, objektif dan berkualitas.

Mendorong pencipta arsip dan arsip daerah dalam menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan, dan peraturan perundangan yang berlaku. Maka perlu dilakukan pengawasan secara komprehensif yaitu melalui kegiatan audit kearsipan internal yang dilaksanakan oleh arsip daerah Kota Bontang atas pengelolaan arsip dinamis di perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bontang dengan menggunakan sistem aplikasi yang cepat, akurat, aman dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:   Guru SMPN 2 Diberi Pelatihan dan Pengembangan Sekolah Ramah Anak

“Saya sangat mendukung program-program kearsipan dalam rangka upaya penyelamatan memori kolektif bangsa, dan rekam jejak akuntabilitas roda pemerintahan dan pembangunan Kota Bontang,” ujarnya.

Arsip yang autentik dan terpercaya merupakan aset berharga bagi kita sebagai penyelenggara pemerintahan, karena arsip tersebut tidak hanya merekam jejak kegiatan dan keputusan kita, tetapi juga merupakan bukti nyata dari proses pengambilan keputusan yang sesuai dengan prinsip dan kaidah standar kearsipan.

Melalui kegiatan ini, kita akan berbagi pengetahuan terutama tentang pengawasan kearsipan internal. saya berharap agar acara ini dapat menjadi ajang yang produktif dan kolaboratif, di mana setiap peserta dapat saling belajar dan memperkaya pengalaman dalam rangka pengelolaan kearsipan yang lebih baik lagi. (sya/adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular