spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPK Selamatkan Arsip Sejarah Bontang

BONTANG – Salah satu tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang yakni penyelamatan arsip statis, yaitu upaya penyelamatan arsip-arsip yang dianggap penting.

Kepala DPK Kota Bontang, Retno Febriaryanti mengatakan, DPK sedang berupaya menyelamatkan arsip koleksi memori sejarah Kota Bontang, lantaran memori ini dianggap arsip statis.

DPK sendiri mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan penyelamatan, atau memberikan arsip statisnya kepada DPK.

“Arsip statis itu seperti tokoh-tokoh kepala dinas dan dokumentasi sejarah Kota Bontang. Kami meminta seluruh OPD untuk mengumpulkan dan menyampaikan kepada DPK, untuk direproduksi dan disimpan di arsip daerah DPK,” kata Retno, Selasa (28/3/2023) kepada Mediakaltim.com.

Selain itu, tujuannya agar dapat diekspos dan dipromosikan pada saat HUT Kota Bontang dan HUT RI.

“Kita ekspos agar masyarakat tahu dan mencintai sejarah Kota Bontang,” katanya.

Retno menambahkan, arsip aslinya akan disimpan oleh DPK. Sementara yang ditampilkan dari hasil reproduksi (hasil buatan ulang).

“Nanti yang asli atau otentik kami simpan di file kami. Yang sudah direproduksi akan ditampilkan biasanya di pameran-pameran,” ungkapnya.

Baca Juga:   Perkuat Silaturahmi Antar Perguruan Silat, Ketua IPSI Bontang Gelar Bukber

Untuk batasan penyelamatan arsip, dilakukan ketika arsip statis itu sudah memasuki masa jadwal retensi arsip. Sehingga bisa diarsipkan dan disampaikan ke DPK atau Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) tingkat kota.

“Beda-beda berdasarkan jadwal retensi arsip, sesuai dengan perwali yang akan diarsipkan,” pungkasnya. (yah)

Most Popular