spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Era Digital Makin Mudahkan Masyarakat, Faisal: Tanamkan Digital Mindset

BALIKPAPAN – Digitalisasi membawa kemudahan di setiap aspek kehidupan manusia, kepraktisan dalam budaya baru ini. Akan tetapi di samping itu ada risiko yang harus diwaspadai pada pengguna internet di dunia maya. Untuk mewaspadai hal tersebut maka dibutuhkan digital mindset di masing- masing individu.

“Yang dibutuhkan saat ini ialah bagaimana menanamkan Digital Mindset di diri kita sendiri,” sebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim Muhammad Faisal saat menjadi narasumber pada Onix Radio 88,7 FM, Kamis (15/9).

Di era digital seperti sekarang ini, data pribadi seseorang sangatlah mudah ditemukan di dunia maya. Entah itu yang sengaja diunggah oleh sang pemilik, maupun yang disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Hal ini tentunya, karena kebiasaan masyarakat yang terlalu santai atau lalai. Contoh data pribadi saja masyarakat suka mengabaikan seperti password sehingga disalahgunakan.

Lanjutnya, semua pihak juga harus turut andil dalam upaya perlindungan data pribadi. “Kita harus introspeksi untuk berhati-hati dalam melindungi data pribadi,”pintanya.

Baca Juga:   Dispopar Rapat Koordinasi, Matangkan Persiapan Sambut Juri ADWI

Selain itu, di dalam bekerja Digital Mindset juga harus komplit, jangan sampai diperbudak oleh digital. Tetapi di tempat kerja dapat memberikan porsi yang cukup untuk keamanan digital ini.

“Masih banyak di Kaltim yang belum melek dengan keamanan digital, keamanan ini penting sekali, begitu kena baru ribut,”tuturnya.

Tambahnya, keamanan ini tidak hanya satu pasukan saja yang mengamankan, namun harus dilakukan dari diri kita dan tanggung jawab bersama. (adv/diskominfokaltim)

Most Popular