spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hindari Penumpukkan Antrian, RSUD Gunakan E-tiket Obat

BONTANG – RSUD Taman Husada Bontang terus berinovasi dengan meningkatkan teknologi pelayanan pasien dan pengunjung. Salah satu inovasi itu adalah pengambilan tiket obat tanpa memberikan resep ke apotek, hanya melalui data.

dr. Siti Aisyatur Ridha dari Tim Humas RSUD Taman Husada menjelaskan, setelah melakukan pemeriksaan di poliklinik, pasien tidak perlu membawa kertas berisi resep dokter. Pasien hanya perlu mengambil e-tiket yang diprint dengan memasukkan kode yang telah diberikan.

Setelah pasien berobat, dokter akan menginput obat apa saja yang diberikan dan data tersebut langsung masuk ke komputer apotek.

“Jadi ada monitor di samping tempat pengambilan obat, nah di situ nanti pasien mengisi nomor yang diberikan, dan tinggal menunggu,” jelasnya.

Pasien yang menunggu obat juga tidak harus menunggu di lobi rumah sakit, karena dalam data pasien akan diminta nomor handphone yang aktif untuk diberikan informasi kepada mereka jika obat sudah siap.

“Karena tidak semua orang bisa nunggu, siapa tau ada kesibukan, nanti kami akan Whatsapp kalau obat mereka sudah bisa di ambil,” ujarnya.

Baca Juga:   Pelaksanaan Dana Stimulan, Kelurahan Belimbing Bentuk 7 Pokmas

Hal ini juga dimaksudkan agar antrian pasien berobat dan antrian pengambilan obat tidak menumpuk. Apabila nomor pasien tercecer atau lupa, pasien bisa memasukkan NIK atau nomor BPJS bila menggunakannya.

Selain itu, dalam monitor tersebut, pasien akan memberi penilaian terhadap dokter yang mereka datangi. Jika mendapatkan nilai di bawah 4 bintang, di hari yang sama pihak rumah sakit akan menyelesaikan permasalahan tersebut, tergantung dari yang pasien keluhkan.

“Kami tidak ingin berlarut-larut, sebelum banyak pasien yang komplain kami tegur langsung,” tambahnya. (adv/Sya)

Most Popular