spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inovasi PUPR Tangani Banjir, Bentuk Panbers Bantu Normalisasi Sungai

BONTANG – Pemkot Bontang dalam hal ini Dinas PUPR berinovasi dalam upaya penanggulangan banjir di Bontang. Dinas PUPR berkolaborasi dengan masyarakat dan stakeholder untuk menormalisasi Sungai Dahlia.

Inovasi yang dilakukan Dinas PUPR adalah membentuk Pasukan Bersih Sungai (Panbers) yang terdiri dari 33 anggota, untuk membantu pemerintah dalam normalisasi endapan lumpur di aliran drainase dan sungai.

Dinas PUPR pun meresmikan Panbers dalam Launching Teman Bolang, Selasa (15/8/2023) di Halaman Masjid Al-Baqarah, Jalan Sukun Raya Gang Jati 3, Kelurahan Satimpo.

Launching Teman Bolang merupakan strategi pemerintahan untuk kolaborasi penanggulangan banjir di Bontang, dan mormalisasi Sungai Dahlia bersama panbers.

Inovasi PUPR Tangani Banjir, Bentuk Panbers Bantu Normalisasi Sungai
Pasukan Panbers saat membantu normalisasi Sungai Dahlia. (Yusva Alam)

Kepala PUPR Kota Bontang Usman mengatakan, banjir ini merupakan masalah kita bersama, karenanya kita bersama-sama bisa bergandeng tangan untuk mengatasi masalah banjir ini. Antara pemerintah, masyarakat, dan stakeholder berkolaborasi menyelesaikan permasalahan ini.

“Dengan adanya Pasukan Panbers ini kita upaya lakukan percepatan. Masyarakat bisa mengadukan permasalahan-permasalahan terkait banjir, kami akan survei lokasi, bikin perencanaan, lalu penanganan. Mekanismenya seperti itu,” bebernya.

Baca Juga:   Basri Buka Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Dijelaskannya, Panbers merupakan masyarakat yang digaji harian, untuk membantu pengerjaan normalisasi sungai. Lantaran tidak semua pengerjaan normalisasi sungai bisa dikerjakan dengan alat, namun ada juga dengan cara manual. Dengan cara manual inilah Panbers bekerja.

“Kami akan terus konsisten bersama Panbers untuk normaliasai seluruh Sungai Dahlia di Bontang. Panbers akan dilibatkan di setiap program bersih-bersih sungai,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang, Basri Rase hadir dalam Launching Teman Bolang sekaligus meresmikan Panbers. Wali Kota berharap dibentuknya Panbers dapat membantu percepatan penanganan banjir di Bontang.

“Kami konsen dalam penanggulangan banjir sampai membentuk Panbers ini,” ujar Wali Kota dalam sambutannya.

Pewarta: Yusva Alam

Editor: Yusva Alam

Most Popular