spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Instalasi Rehabilitasi Medik Tingkatkan Pelayanan, Terapi Pasien dengan Alat-alat Terbaru

BONTANG – Instalasi Rehabilitasi Medik di RSUD Taman Husada Kota Bontang memberikan pelayanan pada pasien yang mengalami gangguan gerakan motorik atau sensorik.

Pada alur pelayanan, instalasi rehabilitasi medik melayani pasien BPJS Kesehatan, pasien umum, asuransi perusahaan maupun asuransi kesehatan lainnya. Untuk pasien sendiri harus melalui rujukan dari dokter utama sebelum dirujuk ke dokter spesialis rehabilitasi medik.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RSUD Bontang, dr Rahmawaty Dian, Sp.KFR menjelaskan, rehabilitasi medik ini merupakan layanan yang memaksimalkan fungsi seperti pada bagian yang mengalami kelemahan di bagian tubuh dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

“Keluhannya kan’ kelemahan tubuh. Memaksimalkan fungsinya dengan cara meningkatkan ototnya yang tadinya lemah menjadi kuat seperti pada pasien penyakit stroke. Targetnya adalah meningkatkan fungsi dan kualitas hidup pasien,” kata dr Rahmawaty Dian, Sp.KFR, Kamis (19/10/2023).

Lanjut dr Rahmawaty dalam pelayanannya, rehabilitasi medik memaksimalkan fungsi gerak, fungsi komunikasi dan fungsi lainnya yang ada di tubuh manusia.

“Jadi layanannya kalau direhabilitasi harus diasesmen dulu oleh dokter spesialisnya. Kemudian melihat kebutuhan untuk terapi pasien hingga pemeriksaan fisioterapi, terapi okupasi, terapi wicara,” jelasnya.

Baca Juga:   Layanan Kecelakaan Kerja, RSUD Bontang Jalin Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian, dr Rahmawaty mengatakan dalam sehari, rehabilitasi medik bisa melayani pasien 40 hingga 60 pasien setiap hari untuk dilakukan terapi medis. Untuk tim rehabilitasi medik sendiri terdiri dari 1 dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, 5 fisioterapis, 1 terapis okupasi dan 1 terapis wicara.

“Alat-alat terapi kita sudah bisa digunakan oleh semua kategori pasien. Banyak alat-alat terapi kita yang paling terbaru,” ungkapnya.

Dalam kasus yang paling banyak ditangani di RSUD, dr Rahmawaty mengatakan yakni kasus stroke, kasus Low Back Pain (LBP),  kasus radang sendi hingga kasus tumbuh kembang anak.

Dr Rahmawaty menambahkan, tantangan yang sering dihadapi seperti pasien yang terbilang banyak dengan memaksimalkan SDM dan sarana yang telah ada.

“Memaksimalkan tenaga SDM yang ada dan sarana yang ada, pasien tetap bisa kita layani,” terangnya.

Untuk kelengkapan alat sendiri, di klinik rehabilitasi medik selain ada alat-alat terapi misalnya alat Diathermy, Stimulasi Syaraf dengan Listrik melalui kulit (TENS), Ultrasound terapi, di RSUD Bontang telah dilengkapi juga dengan alat-alat terapi canggih seperti High Laser Therapy, Low Laser Therapy, Shock Wave Therapy (SWT).

Baca Juga:   Sebagian Klinik di RSUD Taman Husada Pindah ke Gedung B

“Harapan kami tentunya dapat memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat sehingga semua pasien dapat memanfaatkan layanan yang dimiliki oleh RS ini,” pungkasnya. (adv/yah)

Most Popular