spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jalin Kerjasama dengan SSDM Polri, Pemkot Bontang Dapat Apresiasi Penilaian Kompetensi

BONTANG – Pengisian jabatan pimpinan tinggi, pengangkatan dalam jabatan administrasi, dan jabatan fungsional, serta penyusunan profil Pegawai Negeri Sipil dalam penyelenggaraan manajemen karir melalui penilaian kompetensi dengan menggunakan Assessment Center atau metode lain yang dilakukan oleh Assessor, perlu dilaksanakan sesuai standar penyelenggaraan penilaian kompetensi untuk menjamin mutu hasil penilaian.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Sosialisasi Penilaian Uji Kompetensi melalui Assessment Center Polri di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, yang berlangsung pada Kamis 30 Mei 2024 di Gedung Mahakam Polda kalimantan Timur.

Acara yang dibuka oleh Kepala Biro SDM Polda kalimantan Timur, Kombes Pol. Ari Wibowo, S.I.K., M.H, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bontang, pengelola kepegawaian Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kaltim, Wakapolres dan Kabag SDM Polres se Kaltim, dan Tim dari SSDM Polri, yang dilanjutkan dengan pemaparan dari Tim Asesor SSDM Polri.

Tim Asesor SSDM Polri menjelaskan berbagai aspek teknis dan operasional dari Asesment Center PNBP, dengan Lembaga Penilaian Uji Kompetensi melalui Assessment Center dan Asesor bersertifikasi yang telah tersebar di jajaran Polda seluruh Indonesia.
Disampaikan juga bahwa Assessment Center Polri pada tanggal 17 Maret 2023, telah mendapatkan pengakuan kelayakan (akreditasi) dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia dalam pelaksanaan kegiatan penilaian kompetensi dengan pengakuan kelayakan/ akreditasi kategori “A”.

Baca Juga:   BKPSDM Raih Penghargaan Terbaik I Gagas Pada HUT Ke-23 Kota Bontang Tahun 2022

Pada kesempatan ini Pemerintah Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Kartanegara mendapat apresiasi atas kerjasama penilaian kompetensi yang telah dilaksanakan bersama SSDM Polri selama ini.

Hal tersebut membuktikan bahwa telah terjalin upaya penilaian kompetensi di lingkungan ASN Pemerintah Daerah di Kalimantan Timur, sekaligus menghimbau kiranya kerjasama ini juga dapat diikuti oleh pemerintah kota/ kabupaten lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Bontang Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT menyampaikan, bahwa sebelum ini Pemkot Bontang telah melaksanakan penilaian kompetensi kerjasama dengan SSDM Polri berjumlah total 94 orang, dengan rincian eselon III= 38 orang dan eselon IV = 56 orang.

“Hasil data yang kami terima selanjutnya, menjadi bahan yang melengkapi penilaian kami dalam proses promosi dan rotasi pegawai,” ujarnya.

Ia memberikan contoh yang telah promosi dari rekan yg telah mengikuti kegiatan ini adalah:
– promosi dari eselon III ke eselon II sebanyak 3 orang
– promosi dari eselon IIIb ke eselon IIIa sebanyak 10 orang
– promosi dari eselon IV ke eselon IIIb sebanyak 29 orang

Baca Juga:   Audiensi Langsung dengan KemenPAN-RB, Wali Kota Bontang Perjuangkan Masa Depan TKD

Iin sapaan akrabnya juga menyampaikan, bahwa kehadirannya bersama Wakapolres Bontang, Kompol Faisal Risa, SH. SIK, MIK pada acara sosialisasi ini, disamping untuk lebih memahami pola pelaksanaan penilaian kompetensi, juga sebagai komitmen Pemerintah Kota dan Polres Bontang dalam melaksanakan kerjasama yang berkelanjutan bersama SSDM Polri dan Biro SDM Polda Kaltim untuk memetakan kompetensi ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang. (adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular