spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Ramadan, Harga Cabai dan Bawang Putih Meroket

BONTANG – Menjelang Bulan Ramadan, harga sejumlah komoditas di Pasar Citra Mas Loktuan merangkak naik, seperti cabai dan bawang putih.

Harga cabai yang awalnya dijual per kilo dengan kisaran Rp 40 ribu, kini menjadi Rp 70 ribu untuk pedagang pasar. Apabila dijual eceran mencapai Rp 80 ribu.

Sama halnya dengan cabai keriting yang juga mengalami kenaikan hingga Rp 10 ribu per kilo. Dengan harga awal Rp 30 ribu kini menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Sementara bawang putih, yang sebelumya perkarung 17 kilogram, naik dari Rp 300 ribu lebih menjadi Rp 550 ribu. Jika kembali dijual kemungkinan akan dinaikkan lagi hingga Rp 10 ribu per kilogram.

“Saya biasa beli bawang putih sekarung itu awalnya naik Rp 400 ribu, terus dua hari lalu naik lagi jadi Rp 550 ribu,” ungkap Fia, salah satu pedagang di Pasar Citra Mas Loktuan, Selasa (28/02/23).

Selama kenaikan harga, pembeli mengeluhkan kenaikan harga yang drastis, “Kadang ada yang berpikir dua kali dulu baru beli. Biasa ibu rumah tangga, kalau penjual mau tidak mau beli tapi tidak sebanyak biasanya,” jelasnya.

Baca Juga:   DPK Raih Akreditasi A dari Perpusnas RI

Fia mengatakan, kenaikan ini juga dipengaruhi faktor hujan yang terus turun, sehingga tanaman kekurangan sinar matahari dan gagal panen.

“Mungkin karena mau masuk Bulan Ramadan naik, tapi setahu saya cuaca lagi hujan jadi dua kali lipat naiknya,” ucap Fia. (sya)

Most Popular