spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kadispar Kaltim Bantu Persiapan Penilaian di Kampung Malahing

BONTANG – Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Tim Penilai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tinggal menghitung hari. Tak ayal, persiapan demi persiapan penilaian di Kampung Malahing pun digencarkan oleh Dispopar Bontang.

Terkini, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kaltim, Ahmad Herwansyah terjun langsung membantu persiapan Dispopar Bontang di Kampung Malahing.

Ahmad Herwansyah bersama beberapa pegawai Dispar Kaltim disertai Kadispopar Bontang, Ahmad Aznem, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bontang, Lukman, serta Lurah Tanjung Laut Indah, Ruri Widyastiwi, mengunjungi Kampung Malahing, Sabtu (17/6/2023) untuk meningkatkan pembenahan-pembenahan di Kampung Malahing.

Setibanya di lokasi, Ahmad langsung menyusuri satu-persatu spot di Kampung Malahing yang akan masuk dalam ketegori penilaian. Ia memberikan masukan demi masukan kepada pihak-pihak terkait, agar dilakukan pembenahan sesuai dengan 5 kategori penilaian.

Disebutkannya, 5 kategori tersebut adalah tingkat kunjungan, atraksinya, home stay, toilet, dan kuliner.

“Hari ini kita lakukan persiapan. Bagaimana cara menjamu tamu, mengatur tata letak souvenir, hingga mengatur protokol kunjungan menparekraf beserta tim penilai,” ujarnya.

Baca Juga:   Bontang Barat Adakan Family Gathering

Ia mengatakan, dari hasil penilaian tersebut akan dicari juaranya dari 75 besar desa wisata yang masuk nominasi. Selain juara akan ada juga juara-juara berdasarkan kategori seperti home stay, toilet, dan lain sebagainya.

Menurutnya, Kampung Malahing memiliki peluang juara lantaran memiliki kelebihan kampung di atas air, lalu home stay yang bagus, serta adanya toilet untuk disabilitas. Disamping itu memiliki sarana prasarana (sapras) yang baik karena didukung CSR Perusahaan selain dari Pemkot Bontang.

“Kampung Malahing harus menampilkan yang terbaik. Kuliner khasnya hingga kesenian khas harus ditampilkan. Semoga menjadi juara,” harapnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bontang, Lukman mewakili Wali Kota Bontang siap mendukung penilaian. Dirinya bersama OPD-OPD terkait akan bersinergi mempersiapkan Kampung Malahing agar mendapatkan penilaian terbaik dari Tim Penilai ADWI.

“Semua OPD siap turun membantu apapun yang dibutuhkan untuk penilaian,” pungkasnya. (adv/al)

Most Popular