spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kanreg VIII BKN Apresiasi Pemkot Bontang Atas Komitmen Peningkatan Kualitas Data ASN Terintegrasi SIASN

KANTOR Regional VIII Badan Kepegawaian Negara (Kanreg 8 BKN) memberikan piagam penghargaan sebagai wujud apresiasi kepada Pemkot Bontang atas Komitmen Peningkatan Kualitas Data ASN Terintegrasi Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Pemberian penghargaan tersebut ditandatangani Kepala Kanreg 8 BKN A. Darmuji, S.Sos, M.Si yang diserahkan Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Bagus Adi Noegroho, ST kepada yang mewakili Walikota Bontang, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Syahruddin, SE, M.A,M.Eng didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang Drs. Sudi Priyanto, M.Si pada Senin 9 Oktober 2023.

SIASN merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mengintegrasikan data ASN secara nasional meliputi seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Pemerintah Daerah.

Ini menjadi bagian dari reformasi yang harus memberikan dampak bagi masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, BKN mengimplementasikan digitalisasi manajemen ASN dalam SIASN.

Menurut Sudi Priyanto, bahwa sebelumnya pihaknya telah memiliki Simpeg (Sistem Informasi Kepegawaian) yang merupakan aplikasi kepegawaian untuk melingkupi seluruh data kepegawaian ASN Kota Bontang, karena selama ini telah berjalan efektif maka bersama BKN telah dilakukan integrasi dua arah antara Simpeg dengan SIASN.

Baca Juga:   Gelar FGD Pelayanan Pensiun, BKPSDM Bontang Gandeng Kanreg VIII BKN Komitmen Percepatan Pelayanan Kepegawaian Berbasis Digital

“Ini merupakan rangkaian informasi dan data Pegawai ASN yang disusun secara sistematis, menyeluruh, dan terintegrasi berbasis teknologi,” katanya.

Lebih lanjut upaya yang dilakukan adalah mencoba meningkatkan kualitas data dengan melakukan updating data secara berkelanjutan bersama Tim BKPSDM dengan admin perangkat daerah/ UPT/ kelurahan se Kota Bontang.

“Inilah yang kemudian diapresiasi oleh Kanreg BKN sebagai wujud komitmen intansi pemerintah daerah dalam menyiapkan data kepegawaian yang berkulitas. Dengan harapan akan memberikan kemudahan bagi kami bersama BKN dalam melakukan proses layanan kepegawaian secara menyeluruh kepada ASN Kota Bontang,” bebernya.

Sementara Darmuji, mengatakan upaya yang dilaksanakan Pemkot Bontang merupakan langkah yang baik dalam menyelesaikan disparitas data ASN. “Hal lain yang juga menjadi apresiasi kami adalah dukungan kegiatan pembekalan/pelatihan yang diberikan kepada admin perangkat daerah sehingga mangetahui dan mampu membantu peremajaan data secara lengkap dan bertanggungjawab,” bebernya.

Peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, dan berkualitas guna meningkatkan kualitas layanan managemen ASN adalah suatu proses yang harus berlangsung secara terus menerus, dengan tujuan:

Baca Juga:   Membangun Data Kepegawaian yang Lengkap dan Akurat, BKPSDM Bontang Libatkan Petugas Admin Data Perangkat Daerah

1. Pelaksanaan LAYANAN PUBLIK MANAJEMEN ASN, yaitu:

  • Perencanaan pengadaan ASN
  • Perekrutan dan orientasi untuk mendapatkan talenta terbaik
  • Pengembangan kapasitas, melalui pengurangan kesenjangan kompetensi
  • Penilaian Kinerja dan pemberian penghargaan untuk meningkatkan kinerja berkelanjutan
  • Promosi, Rotasi dan Pengembangan karir menuju ASN yang dinamis
  • Purnabakti melalui pemberian apresiasi yang layak

2. Mewujudkan SATU DATA ASN YANG BERKUALITAS guna mendukung penyusunan kebijakan ASN berbasis data. (ADV)

Most Popular