spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ke Depan, Posyandu Tak Hanya Layani Ibu dan Bayi, Begini Penjelasannya!

BONTANG – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) akan berubah fungsi ke depannya. Tidak lagi hanya melayani ibu dan bayi, namun akan lebih luas pelayanannya. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bontang, drg Toetoek Pribadi Ekowati beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Toetoek, saat ini memang posyandu khusus melayani penimbangan dan pemeriksaan kesehatan bagi ibu dan bayi. Namun ke depannya, dengan adanya transformasi sistem kesehatan yang telah dicanangkan oleh Kemenkes RI, fungsi posyandu akan lebih luas melibatkan seluruh siklus kehidupan.

“Tidak hanya ibu dan bayi saja, tapi juga dapat memeriksa kesehatan ibu hamil, pasca melahirkan, anak pra sekolah, remaja, calon pengantin sampai lansia. Semua boleh datang ke posyandu,” jelasnya.

Ditambahkannya, inti dari peluasan fungsi posyandu ini bertujuan sebagai screening atau deteksi dini penyakit. Agar masyarakat dapat segera mengetahui sejak dini, penyakit apa yang sedang bersarang di tubuhnya. Sehingga dapat segera melakukan penanganan lebih lanjut di fasilitas kesehatan.

“Juga untuk hidupkan kembali upaya promotif dan preventif tanpa tinggalkan pengobatannya,” bebernya. (al)

Baca Juga:   Cuaca Buruk, Harga Ikan Meningkat

Most Popular