spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kebakaran Lahan Nyaris Merembet ke Pemukiman Warga di Perumahan BTN PKT

BONTANG – Terjadi kebakaran lahan di Jalan Manyar, Perumahan BTN PKT, Kelurahan Belimbing, Rabu (17/4/2024), sekitar pukul 11.00 Wita. Lahan yang terbakar sekitar 0,77 hektar, bahkan kebakaran tersebut nyaris menjalar ke pemukiman warga.

Kepala Bidang (Kabid) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang, Eko Mashudi menjelaskan, bahwa wilayah tersebut sangat dekat dengan pemukiman warga. Sehingga petugas langsung bergegas untuk turun ke lokasi kejadian.

“Adanya laporan masuk, kami segera menurunkan mobil slip on dan juga mobil tangki untuk segera menuju ke lokasi lahan terbakar,” ucapnya saat diwawancarai.

Dirinya mengatakan, untuk pemadaman lahan pihak BPBD menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) untuk turut membantu, agar api tidak merembet dan menyebar luas.

“Tidak hanya petugas BPBD saja, akan tetapi dibantu petugas dari damkartan dan security untuk penanganan. Antisipasi jika api akan besar dan ada stok suplai air, bahkan personel pun harus cukup jangan sampai kekurangan,” paparnya.

Pemadaman lahan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih dua jam. Dilihat lokasi lahan gambut, bisa saja api di atas padam akan tetapi di bawah masih ada bara api yang menyala. Dipastikan juga awal mula kebakaran tersebut dari adanya aktivitas pembersihan lahan.

Baca Juga:   DPK Tertibkan Arsip OPD, Launching Aplikasi Srikandi

“Karena lokasi lahan gambut, maka setelah pemadaman kami buat lokasi menjadi banjir. Untuk pemadaman bara api yang masih tertanam di dalam,” tambahnya.

Eko menghimbau kepada lurah, untuk bisa memberitahu atau mengingatkan kepada warganya, agar tidak membakar segala apapun di kondisi yang sangat terik dan ekstrim. Bahkan saat pembakaran berlangsung harus terus dipantau, jangan sampai ditinggal begitu saja.

“Ini himbauan untuk seluruh masyarakat, jika membakar sampah atau sebagainya lebih baik ada penanganannya juga yang telah dipersiapkan. Apalagi dengan lahan gambut seperti ini, sangat mudah terbakar. Ditambah angin kencang dan lahan yang kering, sangat mudah sekali terbakar,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular