spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kecamatan Bontang Barat Gelar Pelatihan Kader Posyandu, Pemkot Akan Beri Pembinaan dan Fasilitas

BONTANG – Kecamatan Bontang Barat menggelar Pelatihan Keterampilan Dasar Kader Posyandu, untuk wilayah Kelurahan Belimbing. Kegiatan berlangsung di BPU Kecamatan Bontang Barat, Rabu (15/5/2024).

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah mengatakan, untuk kegiatan pelatihan dasar kader posyandu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang akan memberi pembinaan serta juga memfasilitasi posyandu melalui Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal).

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini, karena lewat kegiatan seperti ini dapat terus meningkatkan kompetensi serta kapasitas SDM kader posyandu di Kelurahan Belimbing,” ucapnya saat sambutan.

Kegiatan pelatihan ini bermula dari gagasan aksi perubahan Elis Biantoro, Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat, dalam mendukung transformasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yaitu layanan posyandu terintegrasi.

Tugas kader posyandu ke depan akan semakin kompleks, selain harus menguasai 25 keterampilan dasar kader, juga melakukan pencatatan dan laporan secara manual maupun online menggunakan aplikasi.

Tentu saja dengan adanya pembinaan dari Pokjanal dan Kelompok Kerja (Pokja) posyandu dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan nantinya bisa lebih meningkatkan kapasitas kader.

Baca Juga:   Cegah Kasus Karies di Masyarakat, Dinkes Bontang Gelar Workshop Kesehatan Gigi-Mulut

“Kader posyandu adalah jantungnya posyandu, yang bisa berjalan dengan baik jika kadernya aktif. Kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas kader, dan siap melaksanakan integrasi layanan primer posyandu, khususnya di wilayah Kelurahan Belimbing, agar menjadi posyandu percontohan di Kota Bontang,” jelasnya.

Najirah berharap para peserta atau pun kader posyandu yang mengikuti kegiatan ini, semoga dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi kita semua nantinya. Sehingga ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini bisa diimplementasikan dalam tugas ke depan.

“Semoga kita tetap sinergi dengan baik, dan terus bisa meningkatkan demi kesejahteraan bersama. Untuk pelatihan peningkatan kapasitas SDM kader posyandu di Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, saya nyatakan resmi dibuka,” tutupnya. (Dwi/Adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular