spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kelurahan Satimpo Aktifkan Posyantek, TTG Mulai Dikembangkan

BONTANG – Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) merupakan lembaga pelayanan Teknologi Tepat Guna (TTG). Salah satunya terdapat di Kelurahan Satimpo yang akan menjadi pelayanan teknis, informasi, dan orientasi berbagai jenis TTG.

Lurah Satimpo, Maryono mengungkapkan, Posyantek ini bertujuan mewadahi hasil dari kreatifitas warganya yang bisa dijadikan TTG. Tidak hanya warga, tapi posyantek ini juga melibatkan anak-anak sekolah yakni Yayasan Vidatra yang kebetulan menjadi bagian dari Kelurahan Satimpo.

“Posyantek di Kelurahan Satimpo sudah dibangun sejak tahun lalu, namun baru diaktifkan lagi sekarang,” ujarnya.

Dijelaskan, pihaknya sudah mulai mengadakan pertemuan dengan segenap pengurus untuk memulai jalannya posyantek tersebut.

Sebagai langkah awal, Kelurahan Satimpo memberikan penyuluhan serta melakukan studi banding ke Posyantek Telihan yang menjadi Juara 1 Nasional di Lampung tahun 2023 ini.

Hal itu dilakukan agar Satimpo memiliki gambaran dan bisa mengambil ilmu dalam mengembangkan Posyantek, dan bisa mengikuti Lomba TTG tahun 2024 mendatang.

“TTG dari Satimpo misalnya batik ecoprint, penyiraman bunga satu keran menggunakan timer, pengolahan makanan khas Bontang, alat penyedot lebah madu, alat porilisis (hasil pembakaran plastik menjadi BBM),” jelasnya.

Baca Juga:   DLH Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Adapun tujuannya agar karya-karya yang termasuk dalam TTG bisa ditampung jadi satu di pameran Expo TTG mendatang, bahkan untuk mengikuti lomba. Ia berharap, Posyantek ini akan terus berjalan agar dapat mengoptimalisasi SDA di Kota Bontang.

“Posyantek juga memiliki banyak manfaat, seperti memajukan ekonomi, penguatan kapabilitas masyarakat, dan peningkatan partisipasi masyarakat,” tutupnya.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular