spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kerjasama Pemkot dan Bankaltimtara, Bantu Permodalan UMKM Tanpa Bunga

BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang telah melakukan penandatanganan MoU bersama dengan Bankaltimtara, untuk pemberian pinjaman modal kepada pelaku UMKM dengan bunga nol persen.

Hal ini merupakan upaya pemkot menjadikan Kota Bontang sebagai sentra UMKM, karena disadari bahwa Bontang tidak memiliki sumber daya alam.

“Kita harus melakukan peningkatan kapasitas SDM,” tuturnya.

Kita juga harus menyadari bahwa sumber daya lahan di Bontang hanya sedikit. Oleh sebab itu, ia ingin Bontang menjadi sentra UMKM dan tujuan pariwisata. Oleh sebab itu pemkot terus gencar mendorong pegiat usaha serta warga Bontang, untuk melihat potensi pariwisata di wilayahnya.

Dengan adanya bimbingan teknis yang diberikan kepada mitra-mitra dan kelompok masyarakat, diharapkan dapat membuka mata terkait pariwisata. Membawa melihat daerah yang terkenal dengan pariwisatanya seperti Bali, Yogyakarta, dan beberapa daerah lainnya.

“Kami bawa ke sana sehingga bisa melihat cara pemilik pariwisata melakukan kelola terhadap usahanya. Di situ mereka belajar,” jelasnya.

Basri berharap dengan dipermudahnya pinjaman modal untuk usaha-usaha pelaku UMKM, maka Kota Bontang dapat memiliki kemandirian dan tidak selalu bergantung kepada perusahaan saja.

Baca Juga:   Proyek Pelebaran Parit di Jalan Ahmad Yani Masuk Tahap Penutupan Drainase

Selain itu Kota Bontang juga dapat menjadi kota yang memiliki ciri khas dalam UMKM maupun pariwisatanya. (sya/adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular