spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Launching dan Lokakarya ShareEdu Indonesia (Bagian 1)

Catatan: Muthi’ Masfu’ah, A.Md, CN NLp (Direktur Pelaksana Yayasan RK Salsabila dan Penulis)

Platform pendidikan nasional yang efektif untuk mewujudkan generasi emas, merupakan tema yang diangkat dalam kegiatan akbar pendidikan ini yang diketua oleh Shohibul Qisom

Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan digitalisasi dalam dunia pendidikan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dan tak semata mengejar ketertinggalan, ini mungkin cara paling efektif yang untuk kita melompat lebih tinggi (Mendikbudristek).

Plafon pendidikan nasional berbasis teknologi merupakan salah satu strategi utama dalam program Merdeka belajar (Kepala Pusdatin Kemendikbudristek RI).

Seperti kita ketahui bahwa 10 strategi utama program Merdeka Belajar yakni menerapkan kolaborasi dan pembinaan antar sekolah di semua jenjang, memperbaiki kurikulum nasional dengan menyederhanakan konten materi dan fokus pada literasi numerisasi dan pengembangan karakter, peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah, meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah untuk memastikan distribusi yang merata, mendorong pendidikan vokasi, penyederhanaan mekanisme akreditasi dan memberikan otonomi daerah dalam pendidikan, membangun plafon pendidikan nasional yang berbasis teknologi, keberadaan sekolah harus diperbanyak dan membentuk pendidikan kelas dunia.

Indonesia pada 2045 adalah momentum bersejarah mengapa demikian pada saat itu Indonesia genap berusia 100 tahun atau 1 abad Indonesia. Inilah yang menjadi salah satu alasan munculnya ide wacana dan gagasan Generasi Emas 2045. Dengan capaian yang menakjubkan yakni Indonesia memiliki kecerdasan yang komprehensif yakni produksi dan inovasi, sehat menyehatkan dalam interaksi alamnya dan damai dalam interaksi sosialnya dan berkarakter yang kuat peradaban unggul.

Generasi Emas tidak lahir dengan sendirinya melainkan keluarga yang dibentuk dari pendidikan yang mantap diarahkan oleh elit bangsa yang memiliki suri tauladan yang baik. (Bersambung…)

KORAN DIGITAL TERKINI

Most Popular