spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Layanan Operasi Laparoskopi Berlangsung Sejak Tahun 2017 di RSUD Bontang

BONTANG – RSUD Taman Husada telah memiliki layanan operasi menggunakan laparoskopi. Alat laparoskopi milik RSUD telah ada sejak tahun 2017.

Dokter Spesialis Bedah RSUD Taman Husada Bontang, dr Muhammad Hidayat, Sp.B memperkenalkan operasi laparoskopi. Merupakan tindakan operasi menggunakan alat dengan meminimalkan irisan pada operasi dengan irisan sebesar 0,5-1,5 cm. Kemudian memasukkan alat seperti kamera untuk melihat bagian dalam organ tubuh.

“Operasi ini merupakan operasi invasif, yang dimaksudkan alat untuk rongga-rongga kecil bagian tubuh pasien,” katanya.

Selanjutnya, dr Hidayat menambahkan, alat laparoskopi sendiri telah ada sejak tahun 2017 lebih kurang 6 tahun lalu di RSUD Bontang.

“Sudah sejak ada di tahun 2017 dan telah digunakan hingga saat ini,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, manfaat layanan laparoskopi bagi operasi-operasi rongga-rongga kecil di bagian tubuh seperti perut. Selain lama rawat inap dapat dipersingkat yang biasanya 5-7 hari, dapat menjadi hanya satu hari dengan menggunakan alat laparoskopi.

“Manfaatnya meminimalkan rasa sakit karena irisan operasi yang sangat kecil. Keunggulan operasi ini dengan sedikit mengembangkan perut, maka ruang operasi terlihat luas dan lebih jelas. Dengan begitu akan meminimalisir kesalahan-kesalahan pada saat operasi seperti pada saat operasi open (terbuka),” jelasnya.

Baca Juga:   Musnahkan Limbah Medis, RSUD Bontang Bakal Punya Alat Incenerator Baru

Operasi menggunakan alat laparoskopi tetap dapat melayani pasien umum BPJS Kesehatan kelas 1,2 dan 3 dan pasien umum lainnya. Pasien BPJS Kesehatan dapat menggunakan layanan ini tanpa ada pengeluaran biaya apa pun.

“Masyarakat saat ini tidak perlu khawatir untuk melakukan operasi dengan alat laparoskopi. Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (adv/yah)

Most Popular