spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lomba FLS2N, O2SN, dan LKS Tingkat SMK se-Bontang Resmi Dibuka

BONTANG – Pembukaan lomba FLS2N, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat SMK se-Kota Bontang telah dibuka, kegiatan berlangsung di Hotel Tiara, Jumat (26/4/2024).

Wali Kota Bontang, Basri Rase, yang diwakili oleh Staf Ahli Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Bontang, Asdar Ibrahim menjelaskan, ajang perlombaan tingkat SMK seluruh Kota Bontang di dalamnya terdapat tiga jenis lomba, yakni pertama lomba festival seni siswa nasional, kedua bidang olahraga O2SN, dan terakhir LKS.

“Ini adalah event yang harus dilaksanakan untuk membina anak-anak, jadi tidak hanya sisi softskill di sekolah, akan tetapi sisi hardskill juga tentu harus didampingi,” ucapnya saat diwawancarai.

Dijelaskan, contoh seperti LKS yang dimana kegiatan tersebut telah didukung oleh perusahaan, karena memang jurusan SMK mempunyai kegiatan magang di suatu perusahaan tersebut, seperti di bidang otomotif, industri, dan lain sebagainya.

“Itu menandakan bahwa meskipun tidak dalam kewenangan Pemkot, akan tetapi dari sisi sinergitas, koordinasi, sinkronisasi dengan bantuan tetap Pemkot Bontang harus memperhatikan itu dan selalu mensupport,” paparnya.

Baca Juga:   Regional Investment Forum, Bontang Tawarkan Peluang Investasi

Perlombaan ini diikuti oleh seluruh SMK se-Kota Bontang, maupun swasta atau negeri. Karena perlombaan ini hanya untuk ajang tingkat SMK, berbeda dengan program perlombaan di tingkat SMA nantinya.

“Ada banyak sekali perlombaan di dalamnya, jadi setiap siswa yang mengikuti lomba tidak menentu. Karena di masing-masing cabang lomba berbeda, yang pasti siswa yang mengikuti ada ratusan siswa,” tambahnya.

Perlombaan ini mulai diaktifkan kembali terhitung sejak dua tahun terakhir, akibat Covid yang sempat melanda. Dengan begitu, tidak mematahkan semangat para siswa untuk berhenti begitu saja. Bahkan sampai detik ini masih melahirkan juara-juara di berbagai cabang perlombaan.

Asdar berharap dengan para siswa-siswi yang mengikuti perlombaan ini dapat menciptakan generasi-generasi emas, tidak hanya dalam bentuk prestasi di sekolah saja. Bahkan nantinya kedepan anak-anak Bontang mampu bersaing di antara 10 kabupaten/kota dengan bagus, mampu membawa nama Kota Bontang baik di tingkat provinsi maupun di tingkat Nasional. (Dwi/Adv).

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular