spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masjid Al Khoir dan Rumah Quran Dibangun di Perumahan Bukit Sintuk

BONTANG – Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Khoir telah dilaksanakan Selasa (01/02/2022) di Area Perumahan Bukit Sintuk. Pembangunan masjid ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan ibadah jamaah perumahan.

Selain itu, masjid ini juga dibangun karena kapasitas masjid yang saat ini berdiri sudah tidak cukup menampung jamaah.

Untuk itu sejak 2 tahun lalu, takmir masjid sudah mulai merencanakan pembangunan masjid yang lebih luas.

Saiful Huda, Ketua Panitia Pembangunan Masjid mengungkapkan dulunya masjid yang sehari-hari padat oleh jamaah ini, hanya sebuah musholla yang terus direnovasi seiring berjalannya waktu, namun hal itu juga tak cukup menampung banyaknya jamaah.

“Dulu mushola kecil, lalu kami renov sedikit sedikit tapi karena jamaah semakin banyak tetap tidak cukup, bahkan tiap bulan Ramadhan kami sampai sewa tenda untuk jamaah yang berada di luar masjid,” ungkapnya.

Adapun lahan seluas 2.000 meter persegi yang akan digunakan untuk lokasi pembangunan masjid. Nantinya, bangunan masjid yang saat ini akan dibongkar dan dijadikan lahan parkir serta rumah Qur’an.

Baca Juga:   Hari Pahlawan, Abdul Malik Minta Tak Lupakan Sejarah dan Peran Ulama

“Setelah masjid jadi, bangunan masjid lama akan kami bongkar untuk lahan parkir, dan sebagian bangunan lainnya kami alih fungsikan sebagai rumah Qur’an,” ucapnya.

Targetnya, waktu pembangunan masjid ini bisa rampung dalam kurun waktu setahun. Dan untuk sumber anggaran, selain mendapatkan anggaran dari Kesra Provinsi, anggaran juga masuk dari masyarakat yang berdonasi.

“Alhamdulillah kemarin kami dapat dana Rp 100 juta dari Kesra Provinsi, dan sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai ikut berdonasi tidak hanya dalam bentuk uang, tapi juga bentuk bahan bahan bangunan,” ujarnya.

Apresiasi pun disampaikan Wakil Wali Kota Bontang Najirah.”Ini adalah suatu kebanggaan bagi masyarakat, semoga tempat ibadah kita ini menjadi tempat yang bagus dan megah. Insya allah dalam tahun ini saya yakin bisa selesai,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati yang juga merupakan warga Perumahan Bukit Sintuk mengatakan ini merupakan langkah yang baik apalagi dengan antusias dan partisipasi masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini selesai peletakan batu pertama mudah mudahan bisa cepat pengerjaannya, dan segera bisa digunakan oleh masyarakat,” ujarnya. (ahr)

Baca Juga:   DPMPTSP Semarakkan BCC 2023, Tampilkan Pakaian Daur Ulang Sampah Plastik

Most Popular