spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masuk Musim Penghujan, Warga Bontang Diimbau Siaga Banjir

BONTANG – Berdasarkan Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca di Kalimantan Timur, termasuk Bontang berpotensi curah hujan tinggi. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Eko Mashudi.

Memasuki Bulan Mei 2024, Bontang memiliki curah hujan yang tinggi. Sehingga, BPBD Kota Bontang mengimbau masyarakat untuk waspada bencana hidrometeorologi.

“Dari pantauan BMKG cuaca di Kalimantan Timur, termasuk Bontang yang berpotensi curah hujan tinggi, masyarakat harus siaga,” ujarnya.

Ia mengungkap seperti tahun lalu, beberapa wilyah Bontang selalu jadi langganan banjir dan tanah longsor. Bahkan, berpotensi angin puting beliung. Walaupun, penanggulangan banjir telah menjadi program pemerintah, namun beberapa titik banjir tetap melanda daerah tersebut.

“Kalau banjir rob di daerah Bontang Kuala dan Kelurahan Api-api mungkin tidak bisa dihindari. Jadi tetap awas diri,” lanjutnya.

Selain itu, masyarakat bisa melakukan pembersihan lingkungan dan memperbaiki saluran air dari tumpukan sampah. Sebab, dampak dari musim penghujan ini, ditambah genangan sampah adalah timbul wabah penyakit Demam Berdarah (DBD).

Baca Juga:   Sepeda Motor RT Mulai Dibagikan di Bontang Selatan, Baru 100 Motor Datang

Penulis: Syakurah
Editor: Yusva Alam

Most Popular