spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Moeldoko: Pemerintah Bersemangat Kembangkan Kendaraan Listrik!

BONTANG – Pemerintah Republik Indonesia (RI) memiliki semangat yang kuat untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Beragam upaya pun dilakukan, termasuk menelurkan perpres dan inpres guna memacu percepatan kendaraan listrik.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Jendral TNI (Purn) Moeldoko dalam sambutannya, saat meresmikan pengoperasian perdana bus listrik milik PT Kaltim Parna Industri (KPI) di Graha Parna Industri, Jumat (3/3/2023).

Dikatakan pria yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan itu, pemerintah mengeluarkan perpres dan inpres untuk mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Perpres No 55 Tahun 2019 Peraturan presiden (perpres) tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan.

Berikutnya Inpres No 7 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Ada 2 hal yang ingin dicapai pemerintah dengan mengeluarkan perpes dan inpres tersebut,” kata mantan Panglima TNI itu.

Baca Juga:   Optimalkan Penggunaan Media Sosial, Diskominfo Gelar Bimtek Digital Kehumasan

Disebutkannya, pertama, impor BBM RI sungguh luar biasa besar. Diharapkan dengan adanya transisi dari mobil konvensional ke mobil listrik akan mampu menghemat devisa negara.

Kedua, Indonesia memiliki komitmen kuat untuk memperbaiki lingkungan. Target Indonesia di tahun 2060 mendatang, Indonesia mampu menuju zero emission.

“Ini target-target yang akan dikejar. Transformasi energi salahsatu isu besar yang dibahas dalam G-20,” pungkasnya.  (al)

Most Popular