spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PAMA Gelar Media Gathering Tahun 2023, Beber Program CSR 

BALIKPAPAN – PT PAMAPERSADA NUSANTARA (PAMA), perusahaan terkemuka dalam industri pertambangan di Indonesia, menggelar acara Media Gathering Tahun 2023 di Four Points Hotel, Balikpapan, Kaltim, pada Senin, 4 September 2023.

Acara ini merupakan bentuk apresiasi PAMA kepada media yang telah berperan penting dalam mempublikasikan kegiatan dan prestasinya serta mempererat hubungan dengan media.

PAMA menjalankan kegiatan ini bekerja sama dengan Kalimantan Prima Persada (KPP) sebagai salah satu mitra mereka.

Tema dari Media Gathering tahun ini, “Road to 30 Years PAMA – Sustainability Growth,” mencerminkan semangat perusahaan untuk terus tumbuh dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Acara dimulai dengan sambutan dari para pemimpin PAMA, antara lain Sulasman sebagai Project Manager PAMA Site BPOP, Gunawan Setiadi sebagai Kepala Departemen Keamanan & Hubungan Eksternal PAMA, dan Daniel sebagai Kepala Seksi CSR KPP.

Kegiatan selanjutnya melibatkan pemaparan materi dari dua narasumber utama, yaitu Bayu Handoko S. – Kepala Seksi CSR PAMA Site Kideco, dan Bangkit Pratama – Pejabat Pengelolaan Komunikasi KPP.

Baca Juga:   Tangkap Ikan Pakai Bom, Nelayan Bontang Kuala Terancam Hukuman Seumur Hidup

Mereka membahas tentang tanggung jawab sosial perusahaan atau yang lebih dikenal dengan program CSR di PAMA Site Kideco (KIDE), yang mencakup lima pilar utama: ekonomi, kesehatan, lingkungan, pendidikan, dan budaya sosial.

Dalam pilar ekonomi, PAMA Site KIDE telah berhasil membina 142 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan, pendampingan, dan fasilitas pembiayaan seperti KUR dan LKM.

Di bidang kesehatan, PAMA aktif dalam program penanggulangan stunting di Kabupaten Paser, di mana tahun 2023 ini, PAMA Site KIDE menjadi ayah asuh untuk 10 balita stunting di Kecamatan Batu Sopang dan Muara Samu, serta melaksanakan program penyuluhan gizi melalui posyandu binaan, yang saat ini berjumlah enam.

Pilar pendidikan tidak ketinggalan, dengan program pelatihan guru sekolah adiwiyata, peningkatan kapasitas calon sekolah adiwiyata hingga tingkat nasional, dan seminar guru yang bertujuan mewujudkan pendidikan yang merdeka.

Di lingkungan, PAMA Site KIDE terlibat dalam Program Pranaraksa Center (Penanaman Buah Langka) dan pembangunan nurseri serta penanaman pohon yang bekerja sama dengan DLH Kabupaten Paser.

Baca Juga:   Website Beasiswa Bontang Sulit Diakses, Dikeluhkan Orangtua dan Mahasiswa

Di bidang budaya sosial, CSR PAMA Site KIDE memberikan bantuan dan santunan melalui bazaar Ramadhan, mendukung perkembangan sanggar tari, serta memberikan pelatihan kepada gugus tugas tanggap bencana, semua ini dilakukan demi kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional mereka.

Media Gathering ini dihadiri 28 media, baik tingkat nasional maupun lokal, menjadikannya sebagai acara terbesar di provinsi dengan wilayah operasional PAMA yang terbanyak.

Dengan suksesnya acara ini, PAMA berharap hubungan yang sudah terjalin dengan media selama ini akan semakin erat dan kuat, memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. (dar)

Most Popular