spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Papan Pengumuman Larangan Buang Sampah Dicuekin, Warga Pasang Tali Rafia

BONTANG – Pasca penarikan bak sampah di wilayah Kelurahan Tanjung Laut Indah, muncul permasalahan baru. Masih ada warga yang membuang sampah di sepanjang trotoar.

Kondisi ini membuat warga yang bertempat tinggal di sekitar area trotoar mengambil inisiatif memasang pengumuman larangan buang sampah di trotoar. Namun rupanya peringatan tersebut tidak diindahkan.

Sehingga warga menambahnya dengan memasang tali rafia di sepanjang trotoar, agar peringatan tersebut lebih dipahami warga yang ingin buang sampah.

Salah satu warga Tanjung Laut Indah, Hariadi mengaku memasang tali rafia yang membentang di sepanjang trotoar dekat rumahnya. Menurutnya, jika hanya memasang pengumuman larangan buang sampah tidak efektif.

“Saya kasih tali rafia karena orang masih buang di trotoar, kalau hujan terhambur aromanya sampai rumah saya,” jelasnya saat ditemui redaksi.

Ia merasa dengan penarikan bak sampah, pemandangan serta aroma di sekitar rumahnya menjadi lebih rapi. Ia juga merasa tidak keberatan harus membuang lebih jauh.

“Rumah saya pinggir jalan dan dekat dengan bak sampah, tidak masalah ditarik. Saya kalau mau buang sampah di Aini Rasyfa, tapi kalau mau ke pasar sekalian buang di Rawa Indah, tidak masalah,” imbuhnya.

Baca Juga:   30 Persen Bangunan di Bontang Belum Punya Izin PBG

Hariadi menyebutkan, memang sedikit sulit untuk merubah perilaku warga yang terkadang masih menggampangkan soal sampah, “Agak susah memang menyatukan kepala terkait sampah, padahal buang sampah bukan pekerjaan berat,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Tanjung Laut Indah, Ruri mengatakan, pihak kelurahan bersama dengan RT setempat perlahan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warganya.

“Kami juga sudah rapat dengan Ketua RT sekitar, untuk menginfokan ke warga dan mengimbau untuk membentuk kelompok swadaya masyarakat mengantisipasi masalah yang timbul,” bebernya.

Lebih lanjut, Ruri menambahkan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan instan, lantaran masih banyak warga yang menaruh sampah di trotoar-trotoar. Namun pihaknya tetap mengedukasi dan sosialisasi ke masyarakat, terkait lokasi pembuangan yang dialihkan ke pasar lama dan depan Gedung Aini Rasyifa. (sya)

Most Popular