spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pasar Murah Hari Pertama, Seribu Paket Ludes Diserbu Warga

BONTANG – Gelar Pasar Murah (GPM) Dinas Ketahan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Bontang dibuka, Selasa (4/4/23) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau. Di hari pertama ini menyediakan seribu paket untuk lima kelurahan.

Jadwal lima kelurahan hari ini adalah Kelurahan Gunung Elai, Bontang Baru, Api-Api, Bontang Kuala, dan Berbas Tengah.

Di hari berikutnya akan dijatah seribu paket per hari. Adapun harga satu paket sembako yakni Rp 195 ribu. Harga ini lebih tinggi dari yang diperkirakan di awal yaitu Rp 188 ribu, dikarenakan harga beras dan telur yang sedang melonjak.

“Jadi kami berusaha menekan harga komoditas ini dengan cara memutus jalur distribusi. Dari Rp 260 ribuan kami hanya bisa tekan menjadi Rp 195 ribu,” ungkap Idhamsyah, Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Bontang.

Diungkapkan Idham, GPM diadakan dalam rangka menyambut hari besar nasional seperti lebaran Idulfitri serta Natal dan tahun baru. Sehingga dalam setahun akan dilaksanakan dua kali.

Ia berharap, pasar murah ini tidak hanya dilaksanakan dalam dua momen besar itu, tapi untuk selanjutnya dapat berbagi dengan masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga komoditas di pasaran.

Baca Juga:   Kalampeto, Barista Uttara Coffee Juara Seduh Rusuh Vol 15

“Rencananya, kami ingin mengadakan setahun sampai 6 kali, yang artinya dua bulan sekali dan langsung pada lokasi-lokasi kelurahan yang dituju,” lanjutnya.

Pemberian bantuan ini murni dipinjam dari Bulog, dengan harga yang sudah ditentukan kemudian akan dikembalikan harga jual dari Bulog. “Seluruh sembako tersebut kami memang minta ke Bulog untuk menyediakan semua, jadi tidak terbagi-bagi lagi,” jelas Idham.

Sementara itu, Ningsih, warga Kelurahan Bontang Baru mengaku terbantu dengan adanya GPM tersebut.

“Tentu sangat senang dengan adanya Pasar Murah ini, lebih murah dari harga pasaran dan barang-barang yang disediakan juga masih fresh.” ungkapnya.

Selain penyediaan komoditas pasar. GPM juga menggelar beberapa gerai untuk penjualan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diolah oleh Dinas Pertanian. Mereka menjual beberapa sayur segar dari hasil pertanian tersebut.

“Selain sembako murah, saya tadi beli selada juga. Masih segar-segar, untuk harga Rp 10 ribu saya dapat banyak,” tutupnya. (sya)

Most Popular