spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkot Bontang Bebaskan 40 Hektar Lahan di Kanaan untuk Pembuatan Kolam Depresi

BONTANG – Untuk mengatasi permasalahan banjir, Pemkot Bontang membuat kolam depresi dengan anggaran Rp 2,3 miliar, yang ditargetkan pada tahun ini, dimana luas lahan sekitar 40 hektar.

Kepala Bidang (Kabid) Sanitasi, Air Minum dan Sumber Daya Air Dinas PUPRK Bontang, Edi Suprapto mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan untuk pembebasan lahan yang berada persis di samping Danau Kanaan, yang berada di Jalan Soekarno-Hatta.

Bahkan sebelumnya Pemkot Bontang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 218 juta untuk perencanaan program ini.

“Luas lahan yang dibebaskan sesuai dengan perencanaan awal, dan ini merupakan program kelanjutan dari tahun sebelumnya,” ucapnya saat diwawancarai, Sabtu (27/4/2024).

Pembangunan kolam merupakan salah satu bentuk program untuk penanganan banjir, infrastruktur ini juga diharapkan bisa mengurangi dari dampak kiriman banjir yang sering terjadi saat musim hujan.

“Nantinya kolam juga bisa dipakai sebagai alternatif bahan baku air bersih untuk masyarakat, dimana sekarang Bontang sudah merasakan defisit air bawah tanah,” paparnya.

Edi juga menjelaskan, untuk proses pengadaan lahan akan dijalankan dengan regulasi yang cukup ketat. Harus dilihat sesuai pemanfaatan ruang, letak tanah, keluasan lahan, perkiraan nilai tanah, jangka waktu pengadaan tanah, rencana penganggaran, dan juga preferensi bentuk ganti rugi. (Dwi/Adv).

Baca Juga:   PKK Bontang Baru Juara 1 Lomba Penyuluhan Tingkat Kota

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular