spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkot Bontang Belajar Kelola Perumda ke Cilegon

CILEGON – Wali Kota Bontang Basri Rase terus berusaha meningkatkan kinerja Pemkot Bontang. Dengan melakukan perbaikan di berbagai bidang yang dianggap tak sehat.

Salahsatu upaya perbaikan itu adalah dengan belajar ke daerah lain yang telah sukses, salahsatunya Pemkot Cilegon. Rombongan Pemkot Bontang dipimpin oleh wali kota pun mengunjungi Pemkot Cilegon pada Rabu (29/3).

Kunjungan kerja ini merupakan salah satu langkah pemkot untuk studi banding, terkait beberapa permasalahan yang dihadapi, seperti; pengelolaan Perusahaan Umum Daerah (perumda), pengelolaan sampah, pengelolaan pelabuhan dan pengembangan UMKM, serta program kerja Dekranasda.

Di kunjungan pertama, rombongan menyambangi PT PCM (Pelabuhan Cilegon Mandiri). Diterima langsung oleh Direktur PT PCM serta Asisten Administrasi Pembangunan Kota Cilegon.

Di tempat tersebut rombongan Pemkot Bontang melakukan studi tiru, terkait pengelolaan kepelabuhanan dan pengelolaan perumda yang ada di Kota Cilegon.

“Perumda yang Bontang miliki saat ini ada tujuh anak perusahaan di bawahnya. Namun demikian tidak semuanya berstatus sehat,” ujar Basri dalam kesempatan tersebut.

Baca Juga:   Tampung Saran, Disdukcapil Bentuk Forum Konsultasi Publik

Melalui kunjungan tersebut, wali kota berharap dapat mendorong seluruh unit-unit usaha yang dikelola Perusda AUJ Kota Bontang, supaya berjalan baik, lancar dan sehat.

“Kami berharap upaya kami dapat memperoleh hasil dan saran yang baik. Kami dapat bertukar pikiran di sini, sehingga kami belajar dan menerapkannya di Bontang, agar perusahaan milik daerah kami dapat sehat kembali,” pungkasnya.

Adapun rombongan tersebut terdiri dari Sekda, Assisten 2, Kadis Perindagkop, Kadis BPKAD, Kadis LH, Plt kadis Kominfo, Inspektorat, Sekretaris Bapelitbang, Kabag hukum, Kabag organisasi, Ketua perumda AUJ, dan Dirut PT. LBB (Laut Bontang Bersinar). (hms/al)

Most Popular