spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkot Gelar Perayaan Hari Kartini, Ajak Komunitas Perempuan Turut Merayakan

BONTANG – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) mengadakan peringatan Hari Kartini, Minggu (21/4/24) bersama dengan seluruh komunitas perempuan di Kota Bontang.

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah mengucapkan selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita hebat, khususnya para wanita yang ada di Kota Bontang. Wanita Indonesia, termasuk wanita Kota Bontang yang merupakan penerus Kartini.

Langkah Kartini merintis jalan kesetaraan, telah memberi waktu bagi kaumnya, guna menyongsong abad ke-21, terbukti buah pikirannya melampaui zamannya, sehingga memungkinkan generasi wanita yang kemudian mengaktualisasikan jati diri, dan memberikan yang terbaik bagi keluarga, nusa dan bangsa.

Seiring jeritan hati-nurani ‘sang ibu,’ keresahannya dituangkan lewat surat-surat yang dibukukan dalam ‘habis gelap terbitlah terang’. Beliau juga bertindak nyata dengan mendirikan sekolah, agar perempuan tidak buta aksara, dan memiliki keterampilan demi masa depan.

Sampai dengan saat ini, perjuangan tersebut masihlah teramat panjang. Jutaan perempuan karir dan pekerja masih belum merasakan tercapainya kesetaraan dan kesempatan.

Menghadapi fenomena ini, jelas diperlukan edukasi dan pemberdayaan terus-menerus, agar peran domestik dan peran publik perempuan dapat semakin dimengerti dan dihayati.

Baca Juga:   Budayakan Hidup Bersih di Sekolah, Bontang Selatan Adakan Pembinaan UKS

Diperlukan pencerahan dan pemberdayaan terus-menerus, agar peran publik domestik dan sosial dapat dihayati sebagai peran bersama lelaki.

“Mari kita mendoakan semoga dilimpahkan taufiq serta hidayah bagi perempuan Indonesia, khususnya para penerus Kartini Kota Bontang, agar selalu berada di jalan lurus-nya, melajutkan jalan yang telah dirintis oleh R.A Kartini,” ujarnya saat sambutan di Auditorium 3 Dimensi.

Eddy Forestwanto, Kepala Dinas DPPKB mengatakan, bahwa sebagai dinas yang terkait dengan perempuan Kota Bontang, ia ingin mengadakan kegiatan tersebut untuk terus mengenang sosok pahlawan R.A Kartini.

“Dimana mana perempuan memiliki peran besar dalam kehidupan, oleh sebab itu kita wajib berdayakan,” ujarnya. (sya/adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular