spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penghargaan Kota Layak Anak 2023, Bontang Raih Predikat Nindya

BONTANG – Kota Bontang berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2023 untuk kategori Nindya. Malam penghargaan dilaksanakan, Sabtu (22/7/2023) di Hotel Padma, Semarang. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Wawali Bontang, Najirah.

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 adalah program yang diusung oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, agar semua Pemerintah Daerah termasuk Kabupaten/ Kota mampu menjalankan seluruh program pembangunan yang berorientasi pada hak dan kewajiban anak.

Bersama dengan 75 kabupaten/kota lain, berhasil mencapai kategori nindya setelah memenuhi indikator yang ditetapan meliputi penguatan kelembagaan dan klaster hak anak.

“Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak ini merupakan suatu bentuk apresiasi kami atas segala komitmen dan keseriusan para gubernur, bupati, wali kota, dan jajarannya yang telah serius berupaya menghadirkan wilayahnya yang aman bagi anak. Amanat kontitusi pun mewajibkan negara untuk memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang diratifikasi melalui peraturan perundangan lainnya,” ungkap Menteri PPPA dalam sambutannya mengutip dari situs ppid.bontangkota.go.id.

Baca Juga:   Lomba Kapal Hias Curi Perhatian Warga, Wawali Minta Tiap Tahun Digelar 

Atas pencapaian ini, Najirah meminta kerjasama dari OPD pengampu KLA dan dinas terkait, untuk terus meningkatkan kinerjanya. Najirah menyampaikan bahwa Bontang memiliki niat untuk menaikan pencapaian menjadi katergori utama di tahun berikutnya.

“Dengan kolaborasi antara Kota Bontang dan kota/kabupaten lainnya, kami yakin dapat mencapainya,” ungkapnya.

Selain itu, Najirah juga meminta dukungan penuh kepada Kepala DPPKB Kota Bontang, Bahauddin yang turut hadir mendampingi pada malam apresiasi KLA, agar semakin memaksimalkan program kegiatan serta merapatkan barisan dan bersinergi bersama perangkat daerah dan stakeholders terkait.

Wawali juga menekankan bahwa pencapaian ini adalah hasil kerja keras dari semua pihak tanpa terkecuali. Harapannya adalah agar sinergitas dapat terus terjaga agar ke depannya Kota Bontang dapat mencapai apa yang ditargetkan yaitu Kota Layak Anak Kategori Utama. (*)

Most Popular